8 Makanan Khas Suku Mentawai, Eksotik dan Melegenda

8 Makanan Khas Suku Mentawai, Eksotik dan Melegenda
info gambar utama

Makanan atau kuliner khas suku Mentawai di Sumatera Barat yang eksotik dan telah melegenda, merupakan bagian dari ragam kekayaan memikat yang berasal dari kepulauan Mentawai.

Keunikan suku Mentawai dan budaya lokal yang sangat khas, termasuk sajian makanan warisan turun-temurun, melengkapi kepulauan Mentawai sebagai destinasi wisata yang mendunia.

Sejumlah artis dunia menjadikan Mentawai sebagai tujuan wisata mereka. Sebut saja nama mendiang Paul Walker, Liam Hemsworth, Stella Maxwell, dan terakhir vokalis band Red Hot Chili Peppers, Anthony Kiedis.

Berikut ini disajikan sejumlah kuliner atau makanan khas suku Mentawai. Beberapa di antaranya terkesan sebagai menu makanan ekstrem, sebagian lagi tampak eksotik dan lainnya terasa lazim.

Subbet, Makanan Lokal Khas yang Menggambarkan Kehidupan Suku Mentawai

1. Anggau Siboik-boik

Makanan khas di Mentawai ini mengolah anggau, yakni sejenis kepiting khas di Mentawai yang endemik, menjadi menu yang lezat. Anggau ini biasanya direbus dan diberi rempah berupa bawang, sereh, dan lainnya.

Anggau tidak tersedia sepanjang, melainkan bulan-bulan tertentu sesuai dengan musimnya. Musim keberadaan anggau sekitar bulan Juli hingga September.

2. Batra

Kuliner Mentawai yang ini mengolah ulat sagu menjadi santapan yang khas. Ulat yang berwarna kekuningan ini biasanya dijadikan sate. Untuk pembangkarannya menggunakan tempurung kelapa.

Cara mengolahnya cukup unik, yakni dengan membelah perut ulat tersebut. Ke dalam perut ulat sagu tersebut lalu memasukkan bumbu khasnya.

3. Jurut

Makanan khas dari Mentawai berbahan dasar daging ayam yang diolah bersaama aneka bambu. Daging ayam yang telah dipotong-potong, direbus setengah matang, kemudian dimasukkan ke dalam bambu dan dibakar.

Jurut biasanya menjadi lauk yang disantap dengan nasi dan rebusan keladi. Menu ini kerap kali menjadi hidangan andalan pada acara-acara istimewa.

Kapurut Sagu, Makanan Pokok dan Camilan Suku Mentawai

4. Kapurut

Makanan tradisional asal Mentawai ini berbahan dasar sagu. Sagu dalam rupa tepung dibungkus dengan daun sagu, lalu dibakar. Kapurut yang berarti bungkus ini, menjadi makanan pokok sebagai pengganti nasi.

Menu ini biasanya wajib menjadi sajian pada perayaan-perayaan tertentu, acara pernikahan, atau kegiatan keagamaan.

5. Sihobuk

Makanan khas Sihobuk ini memiliki kesamaan seperti mengolah menu jurut. Perbedaannya ada pada bahannya, di mana sihobuk menggunakan tepung sagu.

Bentuk sihobuk dibungkus panjang, lalu dibakar. Proses membakar ini menguarkan aroma sedap yang menggiurkan. Menu ini menjadi bagian dari sajian pada acara keluarga atau pernikahan.

6. Sikoira

Sikoira adalah makanan yang tidak kalah unik, mengolah sejenis kerang cangkang putih yang berasal dari sungai atau muara sungai menjadi hidangan khas Mentawai.

Proses mengolahnya cukup sederhana, yakni dengan merebus, menggoreng, atau menu lain menggunakan kerang ini bersama bumbu-bumbu.

Mengenal Anggau, Hewan Endemik yang Jadi Masakan Suku Mentawai

7. Subbet

Subbet merupakan makanan yang mengolah keladi bersama dengan pisang dan kelapa. Namun, apabila tidak terdapat keladi, biasanya diganti dengan ubi. Penamilan bentuknya, bulat-bulat.

Untuk menu ini, tidak dibutuhkan bumbu khusus, sebab rasa alaminya telah memadai. Namun sajian Subbet yang lebih modern, dicampur dengan kelapa parut keju parut.

8. Toek

Seperto Batra, makanan khas toek ini juga menggunakan sejenis ulat, tetapi hewan berwarna putih kekuningan berasal dari kayu seperti kayu bak-bak, kayu etet, kayu tumbung, dan kayu mai geuk-geuk.

Untuk menghasilkan toek, kayu tersebut direndam selama kurang lebih tiga bulan. Suku Mentawai biasanya menggunakan kayu tumung, karena kayu ini cepat dalam memproses toek.

Toek ini bisa disantap mentah-mentah, kadang ditemani perasan jeruk nipis dan taburan garam secukupnya. Selain sebagai makanan, toek merupakan simbol kekompakan masyarakat atau suku Mentawai.

Sumber:
• https://gacasshop.com/makanan-khas-mentawai-yang-lezat-dan-gurih/
• https://www.libur.co/kulinery/makanan-khas-mentawai#google_vignette
• https://travelingyuk.com/kuliner-khas-mentawai/134425/

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

AK
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini