Mengenal Band Legend Sheila On 7 yang Siap Tur Konser di 5 Kota di Indonesia

Mengenal Band Legend Sheila On 7 yang Siap Tur Konser di 5 Kota di Indonesia
info gambar utama

Siapa yang tidak mengenal Sheila on 7? Mereka adalah band legendaris yang telah menjadi idola generasi muda sejak tahun 2000-an. Grup band asal Yogyakarta ini telah sukses dengan persembahan karya-karyanya yang terus menghiasi playlist musik jutaan penggemar dari berbagai generasi.

Beberapa waktu lalu beredar kabar bahwa di tahun 2024 ini, Sheila on 7 akan mengadakan tur konser “Tunggu Aku Di” lima kota besar di Indonesia. Dikutip dari akun Instagram Antara Suara, lima kota yang terkonfirmasi menjadi tempat terselenggaranya konser Sheila on 7 adalah Samarinda, Makassar, Pekanbaru, Medan, dan Bandung.

Kabar ini disambut baik oleh para penggemarnya yaitu Sheilagank. Banyak penggemar dari generasi 90an maupun generasi lainnya, menanti nanti tur konser tersebut.

Sejarah Sheila On 7

Bermula dari grup band bernama W.H.Y Band yang dianggotai oleh Adam dan Sakti. Kemudian mereka mengajak Duta sebagai vokalis. Duta dipilih karena kerap perform bersama Adam kala mengisi acara 17 Agustus-an di komplek perumahan mereka. Namun, kelompok musik ini masih sebatas latihan di studio, meng-cover lagu band ternama, dan mengikuti audisi.

Setelah satu tahun berselang, mereka berkenalan dengan Eross (yang kemudian mengisi posisi sebagai lead guitar) dan Anton sebagai pemain drum. Setelah latihan pertama selesai. Mereka memutuskan memberi nama band “Sheilagank” pada 6 Mei 1996. Kata Sheila sebenarnya diambil dari nama teman SMA Eross yang ternyata adalah teman SD Adam dan Duta.

Setelah kurang lebih dua tahun melintang di acara dan festival band SMA se Jateng dan DIY, pada tahun 1998, mereka mendapatkan kontrak rekaman pertama dengan pihak label Sony Music Entertainment Indonesia. Hal ini menjadi pijakan baru dan besar bagi Sheilagank di industri musik Indonesia.

Namun nama Sheilagank berubah menjadi Sheila On 7. Angka 7 dimaksudkan sebagai tujuh nada yaitu do - re - mi - fa - sol - la - si. Dengan demikian, Sheila On 7 dimaknai sebagai teman-temannya Sheila yang memainkan tujuh nada (musik). Sedangkan nama Sheilagank akhirnya dipergunakan sebagai nama fans atau penggemar Sheila On 7.

Seiring berjalannya waktu, keanggotaan Sheila On 7 tidaklah bertahan lama. Pada tahun 2004, Anton sang drummer keluar dari Sheila On 7 dikarenakan perbedaan visi. Posisi Anton sebagai drummer kemudian diisi oleh Brian. Pada tahun 2006, Sheila On 7 juga harus berpisah dengan Sakti sang gitaris.

Di kala Pandemi tahun 2022, Brian pun turut mengakhiri hubungan kerja dengan Sheila On 7. Kini formasi anggota tetap tersisa Adam sebagai bassist, Eross Chandra sebagai gitaris, dan Duta sebagai Vokalis.

Duta Sheila On 7 sebagai Keturunan Kiai Modjo, Ulama Sekaligus Pahlawan Nasional

Discography Sheila On 7

Aktif bermusik sejak tahun 90an akhir, Sheila On 7 telah menempuh perjalanan panjang di dalam industri musik. Mulai dari era kaset dan DVD, penjualan album-album mereka selalu meraih kesuksesan.

Sejak album pertamanya bertajuk “Sheila On 7” dirilis pada tahun 1999, grup musik ini langsung mencuri perhatian masyarakat dengan kesuksesan penjualan album fisik hingga tembus 1,5 juta keping dan memiliki beberapa lagu hits seperti “Kita”, “Dan”, dan “Anugerah Terindah Yang Pernah Kumiliki.”

Lagu-lagu tersebut masih tetap hits hingga saat ini. Kesuksesan penjualan album tak hanya terjadi di album pertama saja. Beberapa album lainnya juga berhasil tembus hingga 1 jutaan copy, menjadikan Sheila On 7 dikenal sebagai “Band Satu Juta Copy.”

Berikut album yang telah dikeluarkan oleh Sheila On 7 selama berkarya di industri musik Indonesia:

  1. Album Sheila On 7 tahun 1999
  2. Album Kisah Klasik Untuk Masa Depan tahun 2000
  3. Album 07 Des tahun 2002
  4. Album OST. 30 Hari Mencari Cinta tahun 2003
  5. Album Pejantan Tangguh tahun 2004
  6. Album The Very Best of Sheila On 7: Jala Terus tahun 2005
  7. Album 507 tahun 2006
  8. Album Menentukan Arah tahun 2008
  9. Album Berlayar tahun 2011
  10. Album Musim Yang Baik tahun 2014

Zaman terus berubah dan perkembangan teknologi terus melaju pesat. Namun, hal ini tak menyurutkan popularitas nama dan lagu lagu Sheila On 7. Meskipun masuk ke era digital seperti saat ini, Sheila On 7 tetap menjadi favorit di hati masyarakat Indonesia dari berbagai generasi.

Bahkan, Sheila On 7 mampu mempertahankan posisinya teratas. Berdasarkan data Maret 2024, grup ini menjadi top sepuluh besar penyanyi Indonesia populer di platform musik digital Spotify dengan jumlah 4,7 juta pendengar bulanan dan 1,31 miliar total pemutaran lagu.

Mengapa Sheila On 7 Populer?

Kepopuleran lagu-lagu Sheila On 7 tak diragukan lagi. Hal ini sebagian besar disebabkan oleh kualitas musik yang mereka berikan. Lagu lagunya memiliki nada dan aransemen yang mudah didengarkan (easy listening), cocok untuk berbagai suasana.

Ditambah lagi dengan lirik-liriknya yang dekat dengan kehidupan dan mudah dirasakan oleh masyarakat Indonesia secara umum. Misalnya saja, lagu “Pasti Bisa” yang menggambarkan keyakinan seseorang untuk bisa bangkit dari kegagalan. Lagu “Sebuah Kisah Klasik” yang pasti selalu hadir kala momen momen bermain bersama teman atau pun momen nostalgia kala muda.

Tak hanya dua lagu itu saja, masih banyak lagu lainnya yang kerap menjadi lagu wajib masyarakat Indonesia dan dianggap relate dengan momen tertentu.

Selain kualitas musik yang luar biasa. Sheila On 7 juga telah meraih berbagai macam prestasi dan penghargaan yang memperkuat posisi mereka dalam industri musik Indonesia. Beberapa prestasi dan penghargaan tersebut meliputi Indonesian Choice Award untuk Song of The Year 2015, Dahsyatnya Award for Outstanding Song 2016, AMI Award for Best Alternative Pop Album, dan berbagai penghargaan lainnya.

Alasan Sheila On 7 Banjir Fans, Kini Gantikan The 1975 di We The Fest

Tur Konser 2024

Kabar tur konser Sheila on 7 “Tunggu Aku Di” lima kota besar di Indonesia, menjadi berita gembira bagi para Sheilagank. Ini merupakan momen yang ditunggu-tunggu untuk melepaskan penat dan bernostalgia sesaat. Dikutip dari akun Instagram Antara Suara, lima kota yang terkonfirmasi menjadi tempat terselenggaranya konser Sheila on 7 adalah:

  1. Samarinda: 27 Juli 2024 di Stadion Utama Kaltim Palaran
  2. Makassar: 10 Agustus 2024 di Trans Studio Mall
  3. Pekanbaru: 31 Agustus 2024 di Lanud Roesmin Nurjadin
  4. Medan: 14 September 2024 di Lanud Soewondo
  5. Bandung: 28 September 2024 di Stadion Siliwangi

Pemilihan kota-kota ini sudah atas berbagai pertimbangan.

“Kami telah melalui survei. Atas berbagai pertimbangan, kami akhirnya memilih kota yang paling accessible bagi pengunjung baik secara transportasi, akomodasi, flow venue, dan resource. Dari berbagai kota yang masuk ke dalam list, kami prioritaskan kota yang sudah lama tidak dikunjungi Sheila On 7,” ungkap Faqih Mulyawan, CEO GoldLive, dilansir dari CNN Indonesia. Buat kawan GNFI penggemar Sheila on 7, bersiaplah!

Sumber:

  • https://www.cnnindonesia.com/hiburan/20240417200641-227-1087434/sheila-on-7-tur-tunggu-aku-di-5-kota-tiket-dijual-mulai-27-april
  • https://www.sheilaon7.com/history

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

LR
KO
Tim Editor arrow

Terima kasih telah membaca sampai di sini