Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Artistik Pertama Indonesia yang Lolos Olimpiade Paris

Rifda Irfanaluthfi, Atlet Senam Artistik Pertama Indonesia yang Lolos Olimpiade Paris
info gambar utama

Rifda Irfanaluthfi, seorang atlet senam artistik akan segera berlaga di Olimpiade Paris 2024. Langkahnya melaju ke Olimpiade Paris didapat setelah dirinya tampil di World Artistic Gymnastic Championship 2023 di Antwerp, Belgia, Senin (2/10/2023).

Rifda menjadi tonggak sejarah di dunia senam dengan menjadi pesenam Indonesia pertama yang tampil di pesta olahraga terbesar dunia, Olimpiade Paris.

"Ini pertama kali bagi Indonesia dan Persani untuk masuk olimpiade sepanjang senam dipertandingkan di olimpiade. Alhamdullilah Rifda lolos kualifikasi utnuk di 2024," jelas Manajer PB Persatuan Senam Indonesia (Persani), Hesti Diwayanti, Selasa (3/10/2023).

Olimpiade Paris 2024 Bakal Seru, Ada Wakil Indonesia di Semua Sektor Bulu Tangkis!

Pemusatan Latihan Mental

Saat ini, Rifda tengah menjalani latihan sebelum bertandang ke Paris Juli-Agustus nanti. Pelatih tim nasional senam Indonesia, Eva Novalina mengungkapkan, pemusatan latihan atlet senam, Rifda Irfanaluthfi, difokuskan pada pematangan mental agar lebih siap menghadapi kompetisi Olimpiade 2024 di Paris.

Sementara itu, materi gerakan senam yang akan dibawakan saat olimpiade nantinya dinilai sudah cukup matang.

"Persiapan Rifda lebih difokuskan kepada mematangkan mental karena materi gerakannya sendiri sudah siap," ujar Eva, Senin (22/4) di GOR Senam DKI Jakarta di Duren Sawit, Jakarta.

Kesiapan mental ini menjadi poin yang sangat penting mengingat Rifda belum pernah menjalani kompetisi lagi setelah sembuh dari cedera lutut yang dialami.

Nantinya, Rifda akan mengikuti kompetisi senam Asian Championship 2024 di Tashkent, Uzbekistan sebagai salah satu langkah untuk menguji kesiapan mental Rifda sebelum naik ke Olimpiade Paris.

"Kompetisi itu menjadi ujian bagi Rifda untuk menghadapi lawan-lawannya, wasit, dan sebagainya sebelum menuju Olimpiade," ujarnya.

Jalan Panjang Timnas U-23 Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024

Tekad Kuat Rifda

Pelatih timnas senam Indonesia, Eva Novalina menambahkan, Rifda yang baru berusia 24 tahun itu memiliki tekad kuat untuk bersaing dengan peserta lain di Olimpiade Paris 2024 nanti. Apalagi, Rifda menjadi pembuka jalan bagi dirinya sekaligus cabang olahraga senam artistik di Olimpiade Musim Panas ini.

"Salah satu kelebihan Rifda adalah kalau sudah mau maka tekadnya sangat kuat. Ketika dia mau menggapai sesuatu, ia akan coba untuk kejar terus," kata Eva.

Tekat dan minat terhadap senam artistik telah dibentuk sejak ia kecil. Rifda telah menggeluti dunia senam artistik sejak ia duduk di bangku kelas satu Sekolah Dasar (SD). Hanya membutuhkan waktu dua tahun, Rifda berhasil menyabet tiga medali emas saat berkompetisi di Singapura.

Hingga saat ini, Rifda tercatat telah merebut berbagai medali di kancah internasional. Ia mulai debut di kompetisi tingkat dunia sejak 2015 lalu.

Pendaki Muda 17 Tahun, Khansa Syahlaa akan Taklukkan Seven Summit Gunung Aconcagua

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Aslamatur Rizqiyah lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Aslamatur Rizqiyah.

Terima kasih telah membaca sampai di sini