Jalan Panjang Timnas U-23 Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024

Jalan Panjang Timnas U-23 Indonesia Menuju Olimpiade Paris 2024
info gambar utama

Timnas U-23 Indonesia kini dihadapkan jalan panjang menuju Olimpiade Paris 2024. Sebab, Piala Asia U-23 2024 kini semakin dekat.

Selain jadi ajang untuk mencari tim nasional usia muda terbaik di Benua Kuning, Piala Asia U-23 2024 juga merupakan kualifikasi bagi Olimpiade Paris 2024. Di sana, akan ditentukan siapa saja yang berhak mewakili Asia di Olimpiade.

Piala Asia U-23 2024 akan digelar di Qatar pada 15 April sampai 3 Mei 2024. Akan ada 16 tim yang berpartisipasi di mana Indonesia adalah salah satunya.

Indonesia sudah punya lawan yang menanti di Piala Asia U-23 2024. Berdasarkan undian yang dilakukan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) di Doha, Qatar, Kamis (23/11/2023), Indonesia masuk ke Grup A bersama Qatar, Australia, dan Yordania.

Persaingan di babak penyisihan grup nanti dipastikan tidak akan mudah bagi Indonesia. Sebab, tiga pesaing Garuda Muda adalah tim kuat di level Asia. Sebagai gambaran, Qatar dan Australia masing-masing pernah dua kali menempati posisi empat besar Piala Asia U-23. Sementara itu, Yordania pernah satu kali.

Amir Hamzah, Striker Tajam Liga Brunei yang Kembali ke Indonesia bersama PSM Makassar

Indonesia Dilarang Gentar!

Dari Piala Asia U-23 2024, akan diambil tim posisi tiga besar untuk mewakili Asia di Olimpiade Paris 2024. Kemudian tim peringkat keempat akan mengikuti Play-off melawan tim dari Konfederasi Sepak Bola Afrika (CAF). Pemenang laga tersebut berhak menyusul lolos ke Olimpiade.

Kendati menemui jalan yang panjang dan sulit dilalui, Timnas U-23 Indonesia tetap dituntut untuk tampil maksimal. Para pemain diminta untuk tidak gentar terhadap lawan.

"Hasil undian memang cukup berat, tapi tim U-23 Indonesia pastinya tak akan gentar siapapun lawannya. Waktu cukup banyak untuk persiapan. Baik itu untuk persiapan fisik, teknik maupun taktik," ujar Ketua Umum PSSI Erick Thohir.

Selain pemain, Shin Tae-yong selalu kepala juga tak lepas dari ekspektasi tinggi. Diharapkan, tangan dinginnya mampu membentuk tim yang mumpuni.

"Pelatih Shin Tae-yong harus bekerja lebih keras untuk membentuk tim U-23 agar semakin kuat, bisa bersaing di level Asia. Demikian juga dengan para pemain, harus kerja ekstra keras dan memiliki kemauan kuat untuk terus menjadi lebih baik," kata Erick Thohir.

Pembagian Grup Piala Asia U-23 2024:
Grup A: Qatar, Australia, Yordania, Indonesia
Grup B: Jepang, Korea Selatan, Uni Emirat Arab, Tiongkok
Grup C: Arab Saudi, Irak, Thailand, Tajikistan
Grup D: Uzbekistan, Vietnam, Kuwait, Malaysia

Final DBL DKI Jakarta Series 2023, Turnamen Basket Anak SMA Rasa Kelas Dunia

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini