Amir Hamzah, Striker Tajam Liga Brunei yang Kembali ke Indonesia bersama PSM Makassar

Amir Hamzah, Striker Tajam Liga Brunei yang Kembali ke Indonesia bersama PSM Makassar
info gambar utama

Sepak bola Indonesia kedatangan pemain lokal yang sebelumnya berkiprah di luar negeri, yakni Amir Hamzah.

Amir Hamzah mungkin bukan pesepak bola ngetop di Indonesia. Namun, kariernya di luar negeri cukup apik hingga akhirnya kembali ke Tanah Air dan bergabung dengan PSM Makassar.

Bergabungnya Amir dengan PSM telah diumumkan secara resmi oleh pihak klub melalui laman media sosial resminya pada Selasa (21/11/2023).

"Selamat bergabung, Amir Hamzah. Berusia 23 tahun dan berposisi sebagai juru gedor, semoga gacor bersama Pasukan Ramang, Amir," demikian isi pengumuman tersebut.

Kedatangan Amir menjadi tambahan kekuatan bagi lini depan PSM. Sebagai penyerang, ia akan ditugaskan mempertajam serangan Juku Eja dalam lanjutan Liga 1 2023-2024.

Final DBL DKI Jakarta Series 2023, Turnamen Basket Anak SMA Rasa Kelas Dunia

Ciamik di Brunei

Amir adalah pemain muda yang punya pengalaman merumput di luar negeri. Sebelumnya, Amir bermain di Liga Brunei Darussalam dan tergabung bersama klub Rimba Star.

Sebagai penyerang yang kecakapannya utamanya dilihat dari jumlah gol, Amir punya catatan yang cukup baik. Ia mampu mencetak 19 gol dan 11 assist dari 11 penampilan.

Berkat torehan golnya, Amir menjadi penyerang yang cukup menonjol Liga Brunei 2023. Ia tampil di antara deretan penyerang top lain seperti Leon Sullivan Taylor, Adi Said, dan Rosalvo Cândido.

Bersama Amir, Rimba Star mengakhiri kompetisi musim ini di peringkat kesepuluh dengan koleksi 18 poin. Adapun tim yang jadi juara adalah Kasuka FC.

Amir juga beberapa kali tampil sebagai bintang bagi timnya. Misalnya, ia pernah mencetak hat-trick alias tiga gol bagi Rimba Star FC berhadapan dengan IKLS-MB5 FC pada Minggu (14/5/2023). Saat itu, Amir kembali mencetak gol setelah lima pekan absen membobol gawang lain.Rimba Star pun menang telak 4-0.

Bermain di Brunei sebetulnya bukanlah pengalaman pertama Amir menjalani karier sepak bola di luar negeri. Sebelumnya, ia pernah pula merumput di Timor Leste.

Amir bergabung dengan klub Assalam FC di Timor Leste. Saat itu, ia hijrah dari Persip Pekalongan setelah kompetisi Liga 3 dihentikan menyusul Tragedi Kanjuruhan.

Selain Amir, PSM juga mendatangkan penyerang lain, yakni Victor Mansaray. Ia dalah pemain asing asal Amerika Serikat yang sebelumnya bermain bagi klub Vietnam, Ho Chi Minh City FC

Kini, Amir bertugas membawa PSM Makassar naik dari papan tengah klasemen sementara Liga 1. Saat ini, PSM yang berstatus juara bertahan menempati posisi ke-10 dengan koleksi 26 poin.

Gregoria Mariska Tunjung Bangkit dan Bertumbuh, Kumamoto Masters 2023 adalah Buktinya



Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan A Reza lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel A Reza.

Terima kasih telah membaca sampai di sini