Inggris Rilis Saran Perjalanan ke Indonesia, Termasuk Hindari 4 Gunung Berapi

Inggris Rilis Saran Perjalanan ke Indonesia, Termasuk Hindari 4 Gunung Berapi
info gambar utama

Kantor Luar Negeri, Persemakmuran dan Pembangunan (FCDO) Inggris merilis saran perjalanan untuk warga negaranya yang ingin berpergian ke Indonesia. Dalam pernyataan itu, Inggris menguraikan sederet persyaratan masuk ke wilayah Indonesia, mulai dari validitas paspor dan visa, larangan kewarganegaraan ganda, pajak bandara, hingga biaya retribusi turis di Bali sebesar Rp150 ribu.

“Jika Anda tinggal di akomodasi pribadi (bukan hotel), Anda harus mendaftarkan kehadiran Anda ke polisi setempat. Anda bisa didenda Rp5 juta jika tidak mendaftar. Jika Anda menginap di hotel, Anda akan terdaftar secara otomatis,” tulis FCDO, Selasa (23/4/2024).

Selain syarat masuk, keamanan, dan kesehatan, FCDO juga menyarankan warga negaranya untuk tidak bepergian ke empat gunung berapi di Indonesia yang akhir-akhir ini menampakkan aktivitas mengkhawatirkan.

Pulau Datok, Destinasi Wisata Bahari yang menjadi Primadona di Kayong Utara

Saran FCDO tidak bepergian ke 4 gunung di Indonesia

1. Gunung Ruang, Sulawesi Utara

Warga Negara (WN) Inggris disarankan tidak melakukan perjalanan dalam jarak 6 kilometer (km) dari kawah Gunung Ruang di Sulawesi Utara. Ini zona pengecualian yang diberlakukan oleh otoritas lokal. Gunung Ruang meletus pada 16 April 2024.

2. Gunung Marapi, Sumatra Barat

WN Inggris disarankan tidak melakukan perjalanan dalam jarak 3 km dari kawah Gunung Marapi di Sumatra Barat.

3. Gunung Sinabung, Kabupaten Karo, Sumatra Utara

WN Inggris disarankan tidak melakukan perjalanan dalam jarak 5 km dari kawah Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatra Utara.

4. Kawasan Gunung Semeru, Kabupaten Lumajang

WN Inggris disarankan tidak melakukan perjalanan dalam jarak 5 km dari kawah Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. FCDO juga menyarankan masyarakatnya agar tidak melakukan perjalanan ke wilayah tenggara Gunung Semeru di sepanjang sungai Besuk Kobokan, sekitar 13 km dari kawah.

“Anda harus tinggal setidaknya 500 meter dari tepi sungai Besuk Kobokan,” jelas FCDO.

Keindahan Surga di Lereng Gunung Semeru, Eksplorasi Obyek Wisata Alam Tumpak Sewu

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Afdal Hasan lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Afdal Hasan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini