Asia Penyumbang Terbesar EBT Global, Indonesia Salah Satunya!

Artikel ini milik zonaebt dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Asia Penyumbang Terbesar EBT Global, Indonesia Salah Satunya!
info gambar utama

Pembangkit listrik tenaga surya yang didanai Tiongkok di Maroko. Sumber: cdn.chinadialogue.net

Sepanjang tahun 2023, energi baru terbarukan (EBT) secara global tumbuh cukup pesat. Energi surya dan energi angin menjadi energi yang memiliki peran signifikan dalam penambahan EBT pada sektor pembangkit listrik. Penambahan kapasitas energi tersebut mencapai 473 gigawatt (GW) dalam kurun waktu setahun.

Berdasarkan laporan Badan Energi Terbarukan Internasional (International Renewable Energy Agency) atau IRENA, yang dipublikasikan pada Rabu 27 Maret 2024, penambahan kapasitas energi 473 GW tersebut mencakup 86 persen dari total penambahan kapasitas pembangkit listrik di dunia pada tahun 2023. Hingga akhir tahun 2023, kapasitas pembangkit EBT global mencapai 3.870 GW.

Kontribusi EBT secara global yang paling dominan adalah energi surya dengan kapasitas mencapai 345 GW. Selanjutnya disusul oleh energi angin 116 GW, energi air 7 GW, dan sisanya 5 GW oleh EBT lainnya seperti bionergi, panas bumi, serta kelistrikan off-grid. Asia menjadi penyumbang terbesar energi dunia, dengan Indonesia menjadi negara penyumbang kapasitas panas bumi terbesar.

Ladang panel surya di Minahasa. Sumber: setkab.go.id

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini