Mimpi Trans-Borneo Railways Hubungkan Kinabalu-Pontianak

Artikel ini milik Pontinesia dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Mimpi Trans-Borneo Railways Hubungkan Kinabalu-Pontianak
info gambar utama

CERITA KOTA | Mimpi menghubungkan tiga negara di Pulau Borneo dalam satu moda transportasi akan terwujud bila proyek Trans-Borneo Railways dari Brunergy Utama Sdn Bhd terealisasi. Proyek jaringan kereta api berkecepatan tinggi ini akan memiliki rel sepanjang 1.620 kilometer dan membentang dari Kota Kinabalu, Malaysia di kepala Borneo, melewati Brunei Darussalam, hingga ke Pontianak, Indonesia.

Brunergy Utama Sdn Bhd adalah perusahaan asal Brunei yang berfokus pada pembangunan proyek infrastruktur besar untuk mendorong pertumbuhan di Kalimantan.

Dikutip dari website mereka, wilayah Kalbar masuk dalam fase pertama pembangunan. Jaringan kereta yang disebut memiliki kecepatan 300-350 kilometer per jam itu akan menghubungkan Kota Kinabalu-Papar-Beaufort-Sipitang-Lawas-Bangar-Limbang-Bukit Panggal-Miri-Bintulu-Sibu-Sri Aman-Kuching-Sambas-Singkawang-Mempawah-Pontianak.

Sedangkan tahap kedua pembangunan akan dimulai dari Bukit Panggal, Brunei Darussalam hingga daerah satelit Ibu Kota Nusantara, Balikpapan. Kota yang menjadi rute pemberhentian adalah Bukit Panggal-Long Seridan-Bekalalan-Long Bawan-Malinau-Tanjung Selor-Tandjungredep-Pengadan-Lubuk Tutung-Bontang-Samarinda-Balikpapan.

Jalur Kereta Trans-Borneo (TBR) akan memiliki empat terminal, yang berfungsi sebagai pusat transportasi massal, serta dua puluh empat stasiun yang tersebar di seluruh pulau Kalimantan. Kedua jalur tersebut akan terhubung di Tutong yang berlokasi strategis di Brunei, yang berfungsi sebagai hub pusat TBR.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini