Inilah Beberapa Daerah di Sumedang yang Berawalan "Ci"

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Inilah Beberapa Daerah di Sumedang yang Berawalan "Ci"
info gambar utama

Berbicara mengenai budaya dan filosofi daerah-daerah di Jawa Barat, sepertinya banyak dari kita yang masih bertanya-tanya, mengenai makna awalan ‘ci’ yang digunakan untuk penamaan daerah. 

Bila diperhatikan memang ada sekitar puluhan daerah yang berawalan dengan ‘ci’ dan tentunya sangat kecil kemungkinan jika mengatakan bahwa itu hanya kebetulan saja. Kita simak yah, Makin Tahu Indonesia nih.

Dulu, masyarakat Jawa Barat, orang Sunda fokus beraktivitas di daerah air. Penjelasan mengenai asal mula nama daerah, sejak zaman dahulu masyarakat Jawa Barat memang beraktivitas sangat dekat dengan sungai maupun laut. 

Karena itulah nama-nama daerah di Jawa Barat,  kebanyakan diawali ‘ci’. Awalan 'ci' biasanya juga dikenal dengan sebutan cai dalam bahasa Sunda sendiri memiliki makna air. Itulah yang menjadi kisah awal penyebutan nama. Seperti yang berada di Kabupaten Sumedang.

Tentunya wargi Sumedang tahu dong, beberapa kecamatan di Sumedang yang berawalan 'ci'. Dari 26 kecamatan di Sumedang, ada 5 Kecamatan yang berawalan 'ci', yaitu; Cimalaka, Cisarua, Cibugel, Cimanggung dan Cisitu. 

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini