Mengenal Seni Buhun Ajeng dari Desa Cipelang Ujungjaya

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Mengenal Seni Buhun Ajeng dari Desa Cipelang Ujungjaya
info gambar utama

Kesenian yang satu ini merupakan sebuah kesenian tradisional turun temurun di Desa Cipelang Kecamatan Ujung Jaya, namanya seni Ajeng. Seni Ajeng adalah salah satu kesenian asli Kabupaten Sumedang,  "Ajeng" adalah nama sebuah kesenian dan juga nama seperangkat alat musik. Seperangkat alat musik Ajeng mirip dengan perangkat alat musik gamelan, yang diantaranya terdiri dari Koromong, Kempul (gong kecil), dan Goong (gong). 

Tentunya wargi Sumedang sudah pada tahu dong keberadaan kesenian buhun tersebut? Nah, untuk wargi Sumedang yang belum tahu nih mengenai Seni Buhun Ajeng ini, akan mimin bahas yah dari berbagai sumber, agar wargi Sumedang makin tahu Indonesia dengan ragam keseniannya, khususnya Sumedang.

Alat musik ini dulunya diketemukan dalam sebuah penggalian yang dilakukan oleh Eyang Jagakerti dalam pembuatan saluran air, ketika sedang menggali tanah, tiba-tiba pada kedalaman tertentu Eyang Jagakerti menemukan seperangkat alat musik, alat-alat musik tersebut terkubur dan terlilit ditengah akar-akar tanaman yang sangat banyak, sehingga dulunya alat musik ini dinamai Jangkar Alam, karena ditemukan di tengah lilitan-lilitan akar. 

Menurut sumber dari Aan pupuhu Sanggar Seni Layung Sari, awalnya alat musik Seni Ajeng ditemukan oleh Eyang Jagakerti, Jagakerti adalah anak bungsu dari Sultan Jaya Ningrat. Jaya Ningrat mengutus keempat anaknya untuk membuat saluran air di Tegal Burangrang, Gunung Garunggang, yang terletak di daerah Ranji Kabupaten Majalengka sekarang. Namun, hanya Jagakerti yang menyanggupi permintaan ayahnya tersebut. 

Dalam melaksanakan tugasnya, Jagakerti dibantu oleh seseorang bernama Embah Kadar dan juga dibantu oleh masyarakat setempat. Ketika penggalian sedang dilakukan, pada kedalaman tertentu ditemukan sebuah benda berupa alat musik Kempul (gong kecil), setelah itu ditemukan 28 benda lain berupa Koromong, dan yang terakhir ditemukan Gong besar pada saat mengakhiri penggalian saluran air. 

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini