Perepet Jengkol, Permainan Meningkatkan Kerjasama dan Keseimbangan

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Perepet Jengkol, Permainan Meningkatkan Kerjasama dan Keseimbangan
info gambar utama

Wargi Sumedang pasti tidak asing dengan jengkol, makanan yang identik dengan baunya yang kurang sedap. Kali ini, kita akan membahas tentang jengkol nih. Tetapi 'jengkol' di sini untuk dimainkan ya bukan dimakan. Meski nama permainannya adalah perepet jengkol tapi sebenarnya dalam permainan tersebut sama sekali tidak melibatkan jengkol. 

Pérépét jéngkol merupakan permainan tradisional yang berasal dari Jawa Barat. Hingga saat ini, masih belum diketahui mengapa nama permainan ini disebut demikian, permainan ini sering dimainkan oleh anak-anak, pada zaman dulu permainan ini berkembang dengan populer di kalangan suku Sunda. Di Jawa Tengah, permainan ini disebut dengan “dhingklik oglak aglik”.

Konon katanya pada zaman dulu permainan ini biasanya dimainkan ketika malam terang bulan. Jadi, waktu dulu saat terang bulan seperti itu anak-anak kampung akan keluar rumah untuk bermain di halaman.

Perepet jengkol ini dilakukan sedikitnya oleh tiga orang, namun akan semakin ramai kalau dimainkan oleh lebih dari tiga orang. Nah, mimin ulas kembali nih cara bermainnya, agar makin tahu Indonesia.

Para pemainnya berdiri sambil membelakangi temannya masing-masing kemudian para pemainnya saling berpegangan tangan atau merangkul juga boleh asal saling mengikat saja.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini