Roekmini Koesoema Astuti, Polwan Legendaris asal Bojonegoro

Artikel ini milik Jurnaba dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Roekmini Koesoema Astuti, Polwan Legendaris asal Bojonegoro
info gambar utama

Tak hanya seorang jenderal polisi, Roekmini Astuti adalah perempuan pembela Hak Asasi Manusia yang lahir dan besar di Kota Bojonegoro.

Ada adagium populer yang diyakini dari zaman ke zaman, bahwa orang Bojonegoro akan tampak pamor dan kehebatannya, saat berada di luar daerah. Begitupun Brigadir Jenderal Pol (Purn.) Dra. Roekmini Koesoema Astoeti.

Brigjen Roekmini Astuti bukan polwan sembarangan. Dia adalah perempuan kedua di Indonesia, yang pangkatnya mencapai Jenderal Polisi. Setelah sebelumnya, perempuan pertama dengan pangkat mencapai Jenderal Polisi adalah Brigjen Jeanne Mandagi.

Roekmini polwan legendaris asal Bojonegoro. Ia lahir di Dusun Tobo, Desa Kebonagung, Kecamatan Padangan,  Bojonegoro pada 4 September 1938. Ayahnya bernama Raden Soedarso. Ibunya bernama Raden Ayu Soemina. Roekmini adalah anak ke-6 dari 8 bersaudara.

Sejak lahir hingga setingkat SMA, Roekmini tinggal di Kebonagung Padangan, sebelum akhirnya melanjutkan studi di Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (UGM) pada 1964.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini