Upacara Adat Ngarot di Desa Karedok

Artikel ini milik Inimahsumedang dan merupakan bentuk kerjasama dengan Good News From Indonesia.

Upacara Adat Ngarot di Desa Karedok
info gambar utama

Kebudayaan merupakan hasil dari pemikiran manusia yang sudah ada sejak zaman dahulu. Kebudayaan tidak akan terlepas dari kehidupan manusia, dalam kebudayaan terdapat berbagai macam unsur kebudayaan. 

Salah satu unsur dari kebudayaan itu sendiri adalah upacara adat atau tradisi. Tradisi ini merupakan sebuah warisan leluhur yang masih terjaga nilainya. Dalam tradisi ini terdapat norma-norma dalam kehidupan bermasyarakat.

Seperti tradisi yang terdapat di Desa Karedok Kecamatan Jatigede. Di Desa Karedok ini terdapat Upacara Adat Ngarot, yang mana tradisi ini sudah ada sejak dahulu dan masih lestari sampai saat ini. 

Pada tahun ini pun kegiatan Upacara Adat Ngarot dilaksanakan di Karedok Kecamatan Jatigede, pada hari Rabu, 26 Oktober 2022 dihadiri oleh para pemangku adat, Keraton Sumedang Larang dan instansi kedinasan.

Upacara Adat Ngarot merupakan bentuk rasa syukur atas hasil panen yang diapresiasikan melalui pagelaran-pagelaran hasil tani, pembangunan dan perkebunan. Dari Sumedang makin tahu Indonesia yah.

Baca Selengkapnya

Terima kasih telah membaca sampai di sini