Ende, Flores, NTT: Bung Karno Was Here

Ende, Flores, NTT: Bung Karno Was Here
info gambar utama
Pernah dengar sejarah kelam Presiden RI Pertama kita ketika beliau di buang kan? Nah, beliau pernah dibuang pada masa pemerintahan Belanda ke Ende. Salah satu kabupaten yang ada di Pulau Flores, Nusa Tenggara Timur. Ende merupakan tempat pembuangan pertama beliau di luar Pulau Jawa. Jangan tanya kemasyhuran Soekarno di mata dunia. Beliau cukup disegani oleh pemimpin-pemimpin di luar Indonesia diantaranya di Roma, Jerman, dan Rusia ketika beliau menyebarkan semangat Pancasila di mata dunia. Patutlah kita berbangga akan beliau dan tidak melupakannya.

Kini bekas rumah pembuangan Soekarno itu sudah menjadi salah satu tujuan wisata. Rumah yang beliau tinggali dahulu beserta keluarganya yang berupa rumah tahanan itui terletak di Jalan. Perwira No. 24 Kab. Ende. Berukuran sekitar 8 x 12 m dan begitu sederhana. Masih banyak benda-benda yang ditinggalkan didalamnya. Seperti lukisan indah dan naskah tonil yang beliau kerjakan dalam mengisi waktu senggangnya, juga benda-benda penuh sejarah lain seperti dua tongkat kayu, kasur, piring-piring, dan foto-foto di masa itu. Dirumah inilah Pancasila dikandung dan dirumuskan.

Situs ini cukup banyak dikunjungi wisatawan. Terutama bagi mereka yang begitu mencintai Soekarno. Bahkan tak sedikit wisatawan dari luar Indonesia berdatangan. Selain rumah Situs Bung Karno, wisatawan juga bisa mengunjungi beberapa tempat lain yang terkait wisata sejarah Bung Karno, diantaranya sebuah pohon sukun yang biasa dijadikan Bung Karno tempat merenung merumuskan pancasila yang terletak di Lapangan Pancasila. Juga beberapa gedung yang menjadi tempat Bung Karno bermain drama dalam mengisi waktu luangnya. Dalam waktu dekat situs-situs ini direncanakan untuk ditata lebih baik oleh pemerintah setempat. Rumah akan di rekonstruksi seperti dahulu namun lebih indah dan sesuai fungsi juga akan dikembangkannya budaya khas Ende, kesenian tradisional, kerajinan tangan, souvenir, pengembangan atraksi wisata, juga tourism map! Semua akan memanjakan wisatawan ketika berkunjung ke Ende. Mari datang ke Ende, kunjungi Situs Bung Karno! Written for Good News From Indonesia by Rucitra Deasy Fadila

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini