Lupa Sandi?

Cari Air Terjun yang Cantik di Banyuwangi, Ini Tempatnya

Hafiz Alifiarga
Hafiz Alifiarga
0 Komentar
Cari Air Terjun yang Cantik di Banyuwangi, Ini Tempatnya

Daerah Kampung Anyar di Banyuwangi punya banyak air terjun cantik, seperti Jagir, Kethegan dan lain sebagainya. Air terjun tersebut tentunya bisa traveler nikmati saat liburan di Banyuwangi. Yuk coba kesegarannya!

Selain pantai, Banyuwangi juga memiliki tempat wisata berupa air terjun. Salah satunya adalah Jagir yang terletak di Kampunganyar, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi. Di sekitar Air Terjun Jagir juga ada beberapa air terjun yang tak kalah cantik.

Jarak air terjun cantik ini hanya berkisar 15 km dari pusat Kota Banyuwangi. Dengan waktu tempuh 15-20 menit dengan akses jalan yang bagus. Untuk masuk ke kawasan wisata ini, para pengunjung tidak dipungut biaya masuk alias gratis.

Pengunjung hanya dikenakan jasa parkir Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Dari tempat parkir, wisatawan diharuskan menuruni anak tangga sekitar 50-100 meter. Setelah itu barulah tiba di air terjun yang sumber airnya berasal bukan dari aliran sungai, tetapi muncul dari balik tebing.

Baca Juga

Sumber mata air terjun tersebut oleh masyarakat sekitar diberi nama Jagir, Pawon dan Buyut Ijah. Yang paling menarik adalah Sumber Pawon. Dinamakan Air Terjun Sumber Pawon karena berasal dari mata air yang keluar tepat di belakang pawon atau dapur rumah penduduk.

Di bawah air terjun ini, ada sebuah kolam tempat dimana para pengunjung bisa berenang atau sekedar berendam. Puas bermain di air terjun, jangan beranjak dulu. Masih di lokasi yang sama, ada air terjun lainnya bernama Air Terjun Kethegan.

Dari Air Terjun Jagir jaraknya sekitar 300 m. Banyak tebing indah yang tersaji di sepanjang perjalanan. Tak lama kemudian, tibalah saya di Air Terjun Kethegan.

Airnya dari Sungai Kalibendo. Air Terjun Kethegan memiliki ketinggian dan debit air yang lebih tinggi dibandingkan dengan Air Terjun Jagir. Setelah puas melihat semua air terjun dalam kawasan ini, maka sebaiknya kembali ke tempat parkir.

Jika rasa lapar mendera seusai bermain air tidak perlu khawatir. Saat ini banyak warga yang menjual jajanan dan makanan khas Banyuwangi di sini. Salah satunya yang wajib dicoba adalah rujak soto.

Harganya pun tak mahal, hanya Rp 7.500 traveler sudah bisa menyantap makanan yang lezat ini. Ayo traveler, mari berkunjung ke kawasan Air Terjun Jagir serta Kethegan!

source : http://travel.detik.com/read/2015/06/08/115000/2924536/1025/cari-air-terjun-yang-cantik-di-banyuwangi-ini-tempatnya

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG HAFIZ ALIFIARGA

Teacher and trainer wanna be ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

7 Puncak Dunia

Yufi Eko Firmansyah7 bulan yang lalu

Tahukah Anda, Seberapa Luas Indonesia ?

Yufi Eko Firmansyah8 bulan yang lalu

Menjadi Penguasa Telekomunikasi Asia Tenggara

Asrari Puadisatu tahun yang lalu

Internet Gahar, 1 GB Per Detik

Asrari Puadisatu tahun yang lalu
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie