Berawal dari Satu Tweet , dan....

Berawal dari Satu Tweet , dan....
info gambar utama

"Terima kasih, Mas. Semuanya karena Mas Arry" kata anak muda dari Bontang ini mengawali pembicaraan. Namanya (sebut saja) mas Anjar. Waktu itu dia sedang berada di Surabaya, dan menemui saya di sela-sela kegiatan kuliah saya di salah satu kampus yang letaknya jauh di Surabaya barat. Dia (dan beberapa kawannya) sedang berkeliling ke beberapa tempat di Jawa (Surabaya, Malang, dan Jogja) untuk bertemu dengan para mahasiswa yang berasal dari Kota Bontang (Kalimantan Timur) yang sedang menempuh kuliah di kota-kota itu dengan sebuah pesan yang membesarkan hati "Setelah lulus nanti, mohon kembali lah ke kampung halaman, dan bersama kita bangun Bontang menjadi tempat yang lebih baik".

Mengharukan, anak muda yang bisa saja bersenang-senang menghabiskan gaji, namun justru berpeluh dan bersusah-susah keluar uang (dia membiayai seluruh perjalanannya sendiri) dan tenaga, bukan untuk dirinya sendiri. Yang menyentuh hati saya adalah, bahwa dia memulai semuanya, menyumbangkan apa yang dia miliki untuk berdharma bakti untuk kampung halamannya, setelah dipicu hal sepele. Yakni sebuah tweet yang saya kirim di akun @GNFI pada 11 Oktober 2011 yang berbunyi "

Anjar memang lahir dan besar di Bontang. Dan dia tak menyangka bahwa kota kelahiran dan kebanggaannya ternyata "berprestasi" sebegitu hebatnya. Dari titik itu, kontemplasi pun dimulai, dan mulailah dia mengumpulkan beberapa orang yang seide dengannya (yang ternyata tidak sedikit), berbuat sesuatu untuk Bontang, setidaknya mengenalkan Bontang seluas mungkin, dan menggugah masyarakat lokal untuk mencintai kotanya, dan berbuat sesuatu yang positif untuknya.

Bontangbisa.com
info gambar

Dan lahirlah sebuah gerakan keren bernama "Bontang Bisa" dengan tagline keren "deliver optimism", yang bisa diakses di BontangBisa.com. Dan dimulailah gelombang program-program untuk mengenalkan Bontang melalui fotografi, artikel tentang Bontang, roadshow, dan banyak lagi. Semuanya bermuara pada satu hal, agar Bontang, kota indah yang anak-anak muda ini banggakan, makin dikenal banyak orang, dan membawa kebanggaan bagi masyarakat Bontang.

Dan seperti saya duga, gerakan positif ini kini menjadi mainstream di Bontang, kota hijau yang aman dan nyaman ini.

Terima kasih, Mas Anjar. Tak ada yang lebih membanggakan dibanding mengetahui bahwa apa yang kita lakukan, ternyata membawa inspirasi kepada orang lain, dan sekitarnya. Semoga makin banyak orang-orang seperti dia.

Sukseslah terus, Bontang Bisa!

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini