Lupa Sandi?

Mobil Karya Desainer Anak Bangsa ini Menjadi Mobil Terbaik Dunia

Akhyari Hananto
Akhyari Hananto
0 Komentar
Mobil Karya Desainer Anak Bangsa ini Menjadi Mobil Terbaik Dunia
Meski informasinya tak terlalu sering masuk ke berita nasional, makin banyak anak-anak bangsa yang berprestasi di kancah global. Pencapaian mereka tak hanya akan mengharumkan nama negeri asalnya, Indonesia, namun juga menjadi inspirasi bagi kita bahwa putra-putri Indonesia akan mampu bersaing di kancah dunia, seiring dengan makin ketatnya persaingan dengan bangsa-bangsa lain.
 Inilah salah satu anak bangsa yang membanggakan, dan prestasinya diakui dunia. Chris Lesmana. Pria kelahiran Bandung ini merupakan salah satu putra bangsa yang dipercaya menjadi perancang mobil kelas dunia. Pria yang dilahirkan di Bandung, Jawa Barat ini merupakan perancang mobil Jerman Volkswagen atau yang lebih dikenal dengan singkatan VW.

Chris Lesmana (foto :mindtalk.com)

Salah satu mobil yang dirancang oleh Chris Lesmana yaitu VW Up! dengan konsep mobil perkotaan. Beberapa tahun lalu, setelah melalui seleksi yang sangat ketat mobil hasil rancangannya terpilih menjadi 2012 World Car of The Year atau mobil terbaik pada tahun 2012 dengan mengungguli 2 nominator lain seperti BMW 3-series dan Porsche 911. Penghargaan ini merupakan kali ketiga VW dinobatkan sebagai mobil terbaik setelah sebelumnya VW Polo yang meraih mahkota ini pada tahun 2010 yang lalu dan kemudian VW Golf MK VI menang pada tahun 2009. VW UP! ini dipasarkan dalam 2 rancangan, dengan 3 dan 5 pintu. Namun sayangnya, mobil ini belum bisa masuk ke negara kita karena terkendala oleh bahan bakar. Dimana mobil ini menggunakan bahan bakar ramah lingkungan standar Euro 5 yang memang belum ada di Indonesia. Chris menggarap VW Up! bersama dengan rekannya Klaus Bischoff dan Marco Antonio Pavone. Dan desain patennya terdaftar di AS pada tahun 2008 silam.
VW Up! (foto: carbuyer.co.uk)

VW Up! ini dipilih oleh 64 juri, dimana juri-juri tersebut merupakan jurnalis otomotif dari seluruh dunia. Semua mobil yang ikut ajang ini sebanyak 34, namun VW up! behasil unggul. Penghargaan yang diberikan kepada mobil ini menunjukan bahwa VW Up! memiliki ditel yang terbaik. Dan VW Up ini sudah memenuhi semua aspek yang diharapkan dari sebuah mobil perkotaan. Pengemudian mobil ini sangatlah responsif, mesin yang efisien, suspensi yang canggih dan kualitas material yang bagus. Dan menurut pernytaan juri bahwa belum ada di kelas tersebut yang menawarkan mobil mewah seperti ini. Tidak hanya itu, rancangan Chris lainnya yakni VW New Beetle juga mendapatkan pujian dan sanjungan dari pihak Volkswagen. Pimpinan Volkswagen Group, Martin Winterkorn sendirilah yang memilih sketsa hasil karja Chris Lesmana dari beberapa sketsa hasil rancangan yang lainnya. Dan yang lebih menganggumkan lagi sketsa Chris dipakai hampir seluruhnya tanpa ada perubahan sama sekali. Pihak VW lainnya mengatakan bahwa rancangan Chris sudah sangat bagus sehingga dalam realisasinya tidak memerlukan perubahan lagi. Berbeda halnya dengan VW Up!, VW New Beetle ini dirancang khusus sebagai mobil untuk para kaum wanita. Karena tuntutan pekerjaan maka Chris harus tinggal di Jerman. Namun meskipun begitu ia tetap menjadi salah satu orang yang membuat Indonesia bangga karena telah memiliki putra bangsa seperti dirinya. sumber: Ketahui.com

Pilih BanggaBangga87%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi6%
Pilih TerpukauTerpukau6%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AKHYARI HANANTO

I began my career in the banking industry in 1997, and stayed approx 6 years in it. This industry boost his knowledge about the economic condition in Indonesia, both macro and micro, and how to unders ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie