Komoditi Indonesia, Penyuplai Kebutuhan Dunia

Komoditi Indonesia, Penyuplai Kebutuhan Dunia
info gambar utama

Indonesia, merupakan Negara yang dikenal memiliki kekayaan flora dan fauna. Bahkan, karena kekayaan inilah yang membuat “wong londo” datang ke bumi nusantara. Hingga akhirnya mereka membidik rempah-rempah sebagai sasaran empuk monopoli perdagangan. Tapi tahukah kamu, ternyata selain rempah-rempah , kini kita memiliki satu komoditi yang menawan lho!

Ya, kelapa sawit. Komoditi satu ini, kini telah mengangkat nama bangsa kita di kancah dunia. Bahkan, sempat menjadi topik pembahasan menarik dalam “Oilworld Outlook Conference ” yang diselenggarakan di Jerman, tepatnya untuk melihat proyeksi kebutuhan pasar dunia hingga tahun 2020.

Indonesia yang beberapa tahun lalu berada pada posisi ke dua setelah Malaysia. Kini telah mampu bersaing dan menjadi Negara penghasil produk kelapa sawit terbesar di dunia.

Bahkan, berdasarkan data yang dilansir dalam Indonesia Investments, produksi minyak kelapa sawit dunia kini telah didominasi oleh Indonesia dan Malaysia. Yakni dengan total suplai sebesar 85-90% dari kebutuhan dunia. Dan dalam jangka panjang, permintaan akan terus meningkat. Hal tersebut didorong pula oleh karakteristik pohon kelapa sawit, yang mana hanya mampu tumbuh di daerah tertentu. Termasuk dipengaruhi oleh curah hujan, suhu, kelembapan, dan sinar matahari.

Cerahnya prospek kelapa sawit dalam perdagangan minyak dunia telah mampu memacu pemerintah untuk terus melakukan pengembangan. Terutama di areal perkebunan dan teknologi penyulingan. Selain itu, produk yang dihasilkan terutama minyak nabati memiliki beberapa kelebihan tertentu. Diantaranya, mampu dijual dengan harga yang terjangkau, rendah kolesterol, serta memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kelapa sawit kini telah menjadi primadona perkebunan di Indonesia. Selain adanya prospek bagus di pasar dunia, kelapa sawit juga turut membuka lapangan pekerjaan terbesar kedua setelah pertanian.

“Aku tinggalkan kekayaan alam Indonesia, biar semua Negara besar dunia iri dengan Indonesia. Dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya” – Ir. Soekarno.



Sumber : Indonesia Investments, Sawit Indonesia, detik.com
Sumber Gambar : itb.ac.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini