Komoditi Indonesia, Penyuplai Kebutuhan Dunia

Komoditi Indonesia, Penyuplai Kebutuhan Dunia

Komoditi Indonesia, Penyuplai Kebutuhan Dunia

Ayo bantu mencegah penyebaran Covid-19 dengan menjaga jarak fisik dengan orang lain atau dengan di rumah saja 🌎🏠

Indonesia, merupakan Negara yang dikenal memiliki kekayaan flora dan fauna. Bahkan, karena kekayaan inilah yang membuat “wong londo” datang ke bumi nusantara. Hingga akhirnya mereka membidik rempah-rempah sebagai sasaran empuk monopoli perdagangan. Tapi tahukah kamu, ternyata selain rempah-rempah , kini kita memiliki satu komoditi yang menawan lho!

Ya, kelapa sawit. Komoditi satu ini, kini telah mengangkat nama bangsa kita di kancah dunia. Bahkan, sempat menjadi topik pembahasan menarik dalam “Oilworld Outlook Conference ” yang diselenggarakan di Jerman, tepatnya untuk melihat proyeksi kebutuhan pasar dunia hingga tahun 2020.

Indonesia yang beberapa tahun lalu berada pada posisi ke dua setelah Malaysia. Kini telah mampu bersaing dan menjadi Negara penghasil produk kelapa sawit terbesar di dunia.

Bahkan, berdasarkan data yang dilansir dalam Indonesia Investments, produksi minyak kelapa sawit dunia kini telah didominasi oleh Indonesia dan Malaysia. Yakni dengan total suplai sebesar 85-90% dari kebutuhan dunia. Dan dalam jangka panjang, permintaan akan terus meningkat. Hal tersebut didorong pula oleh karakteristik pohon kelapa sawit, yang mana hanya mampu tumbuh di daerah tertentu. Termasuk dipengaruhi oleh curah hujan, suhu, kelembapan, dan sinar matahari.

Cerahnya prospek kelapa sawit dalam perdagangan minyak dunia telah mampu memacu pemerintah untuk terus melakukan pengembangan. Terutama di areal perkebunan dan teknologi penyulingan. Selain itu, produk yang dihasilkan terutama minyak nabati memiliki beberapa kelebihan tertentu. Diantaranya, mampu dijual dengan harga yang terjangkau, rendah kolesterol, serta memiliki kandungan protein yang tinggi.

Kelapa sawit kini telah menjadi primadona perkebunan di Indonesia. Selain adanya prospek bagus di pasar dunia, kelapa sawit juga turut membuka lapangan pekerjaan terbesar kedua setelah pertanian.

“Aku tinggalkan kekayaan alam Indonesia, biar semua Negara besar dunia iri dengan Indonesia. Dan aku tinggalkan hingga bangsa Indonesia sendiri yang mengolahnya” – Ir. Soekarno.



Sumber : Indonesia Investments, Sawit Indonesia, detik.com
Sumber Gambar : itb.ac.id

WHO merekomendasikan beberapa langkah dasar untuk membantu mencegah penyebaran Covid-19.

  1. Cuci tangan sesering mungkin setidaknya selama 20 detik
  2. Jika batuk/bersin arahkan ke lipatan siku
  3. Bersihkan dan disinfeksi benda yang sering disentuh
  4. Tetap di rumah saja bagi yang bisa
  5. Pakai masker bila keluar dari rumah
  6. Hindari menyentuh wajah
  7. Jaga jarak fisik dengan orang lain (physical distancing)

Yuk, saling menjaga dan membantu. Semoga kita semuanya diberikan kesehatan dan bisa melalui keadaan saat ini.

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang100%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Untuk membantu kami agar lebih baik, kamu bisa memberikan kritik dan saran terkait web ini kepada GNFI di halaman Kritik dan Saran. Terima kasih.
"Kurir Sastra" asal Indonesia yang Mendunia Sebelummnya

"Kurir Sastra" asal Indonesia yang Mendunia

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim Selanjutnya

Membangun Pola Pikir Agile Dalam Tim

Alfi Rohma
@alfi_rohmatul_hidayah

Alfi Rohma

0 Komentar

Beri Komentar

Silakan masuk terlebih dahulu untuk berkomentar memakai akun Anda.