Lupa Sandi?

Kuartal IV, Pertumbuhan Industri dan IHSG Melejit Pesat

Asrari Puadi
Asrari Puadi
0 Komentar
Kuartal IV, Pertumbuhan Industri dan IHSG Melejit Pesat

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat adanya pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang tahun 2015 sebesar 4,57 persen.

Selama kuartal IV, industri yang rata-rata menyerap tenaga kerja di atas 20 orang mampu naik 4,02 persen jika dibandingkan dengan kuartal IV tahun 2014. Sementara itu di industri mikro dan kecil yang menggunakan tenaga kerja kurang dari 20 orang tumbuh 5,71 persen dibandingkan tahun 2014. 

Kepala BPS, Suryamin menjelaskan terdapat tiga subsektor industri yang berhasil tumbuh di tengah perlambatan ekonomi global. Ketiga subsektor itu adalah, industri kulit barang dan alas kaki sebesar 7,66 persen, industri barang galian bukan logam sebesar 5,81 persen, dan industri barang logam bukan mesin dan peralatannnya sebesar 5,62 persen.

Selain itu juga disebutkan kenaikan industri skala besar tersebut disumbang oleh peningkatan produksi di bidang farmasi, produk obat kimia dan obat tradisional, industri barang logam bukan mesin dan peralatannya, serta industri barang galian dan industri makanan.

"Itu semua adalah industri barang berorientasi ekspor, jadi ada bukti bahwa meski perekonomian negara lain melambat, ekspor barang tetap besar," ujar Suryamin dalam konferensi pers di kantor pusat BPS, Senin (1/2).

Pertumbuhan produksi industri manufaktur besar dan sedang triwulan IV tahun 2015 secara kuartalan yang mengalami pertumbuhan tertinggi pada tingkat provinsi adalah Provinsi Jawa Tengah naik 8,21 persen, Provinsi Riau naik 4,92 persen, dan Provinsi Papua naik 4,61 persen.

Senada dengan pertumbuhan di bidang Industri sedang dan besar yang naik, Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada kuartal IV juga mengalami kenaikan yang signifikan, melaju hingga menembus level 4.700.

Lebih lanjut, Badan Pusat Statistik (BPS) merilis pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal IV tahun 2015 tumbuh 5,04 persen, atau naik 0,31 persen dibandingkan kuartal sebelumnya pada 4,73 persen.

Tercatat hingga sekitar pukul 09.45 WIB pada (5/2), IHSG melejit 70,99 poin (1,51 persen) ke posisi 4.736,8., dengan tercatat ada 159 saham naik.

Adapun nilai transaksi mencapai Rp 1,48 triliun dengan volume lebih dari 1 miliar lot saham. Sementara investor asing tercatat melakukan net buy sebesar Rp 429 miliar.


Source : Kompas, CNN

Sumber Foto : http://smeaker.com

Label:
IHSG
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ASRARI PUADI

Mamut Menteng Ureh Utusku. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas