Berbicara parawisata Papua memang tak akan pernah ada habisnya, Papua benar seperti kata orang-orang: Surga kecil yang jatuh ke Bumi.

Jika Raja Ampat merupakan salah satu serpihan surga Papua, maka serpihan-serpihan selanjutnya masih sangat banyak di tempat lain untuk menjadikan Papua benar-benar ‘surga’, salah satunya Pulau Rumberpon di Papua Barat.

Pulau ini berada di sebelah utara Kabupaten Teluk Wondama atau berada di Selatan Kabupaten Manokwari. Jika dilihat di peta, Pulau Rumberpon akan nampak persis di dekat perbatasan kedua wilayah ini.

Pulau Rumberpon menawarkan suasana yang tenang, baik pulaunya maupun suasana air laut. Membuat pengunjung yang datang kesana seperti berada di pulau pribadi.

Salah satu kelebihan pulau ini adalah terdapat beberapa objek untuk pengambilan gambar atau melakukan sesi pemotretan seperti di Pantai Panjang, pantai dengan pasir putih yang halus, juga padang ilalang serta hutan manggrove di sisi-sisi pulau yang menambah cantik pemandangan Pulau Rumberpon.

Pulau Rumberpon, Papua ( Adi UWPhotography)

Tak cuma itu, aktifitas pengunjung di Pulau Rumberpon dapat dihabiskan dengan bersantai menyusuri pantai, snorkeling, menyelam, bermain ski air, berselancar, hingga memancing pun dapat dilakukan.

Biota-biota laut seperti terumbu karang masih sangat alami disana dan tersebar hampir di sekeliling pulau. Ini memungkinan pengunjung bebas memilih spot untuk bersantai.

Keunikan lain Pulau Rumberpon karena memiliki hewan langka burung rusa (cervus timorensis), kuskus, elang laut dan ikan duyung yang akan menambah keceriaan kalian berlibur kesana.

Untuk sampai di tempat ini memerlukan waktu sedikit lama karena harus ditempuh selama 5,5 jam menggunakan speedboat dari Manokwari. Alternatif lainnya dari Manokwari perjalanan lebih dulu melewati jalur darat menuju Ransiki selama 3 jam, dan dilanjutkan dengan speedboat selama 2 jam ke Pulau Rumberpon.

Dari Pulau Rumberpon kalian bisa mengunjungi salah satu pulau terdekat yaitu Pulau Misowaar yang memiliki keindahan serupa. Namun, di Pulau Misowaar terdapat sumber air panas dengan kandungan belerang yang dipercaya ilmu medis mampu menyembuhkan beberapa jenis penyakit kulit.


Sumber : harianpapua.com
Sumber Gambar : Adi UWphotography

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu