Indonesia Terpilih Jadi Tema Europalia 2017

Indonesia Terpilih Jadi Tema Europalia 2017
info gambar utama

Indonesia akan menjadi negara tema di Festival Europalia 2017 di Brussel, Belgia. Indonesia diberi kesempatan untuk memamerkan diri ke negara-negara Eropa di acara itu.

"Semua yang terkait dengan art and culture, architecture, culinary Indonesia itu akan diexpose selama 4 bulan di tahun 2017, across Europe. Tentunya pusatnya di Belgia. Mulai bulan Oktober," ujar Menlu RI Retno LP Marsudi usai mendampingi Presiden Joko Widodo menerima delegasi Kerajaan Belgia yang dipimpin Putri Astrid di Istana Merdeka, Jakarta Pusat, Selasa (15/3/2016).

Kenapa Indonesia bisa terpilih menjadi negara tema? Retno menjelaskan, itu karena Indonesia merupakan negara besar yang penuh dengan keberagaman. Dikatakan Retno, yang menjadikan Indonesia sebagai negara tema adalah keputusan dari penyelenggara festival Europalia itu sendiri.

"Saya kira itu potret. Kalau melihat dari negara-negara yang pernah menjadi tema, terakhir 2015 itu Turki, 2013 kalau tidak salah India. China pernah, Rusia pernah. Jadi kalau dilihat negara-negara itu, kemudian Indonesia, bisa ditarik benang merah dong bahwa Indonesia kita dipotret sebagai negara besar, negara yang punya pengaruh penting, dengan beragam budaya dan sebagainya," jelas Retno.

"Ini akan jadi event yang sangat besar. Pak Anis Baswedan (Mendikbud) yang akan jadi komandannya," tambah Retno.


Sumber : detik.com
Sumber Gambar :metrotvnews

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini