Burger Belut, Burger yang tak Biasa dari Kota Jogja

Burger Belut, Burger yang tak Biasa dari Kota Jogja
info gambar utama

Jika sempat berkunjung ke Yogyakarta, sempatkanlah untuk mampir ke Pusat Oleh-oleh dan Kuliner Belut Godean. Ada banyak jajanan dengan bahan dasar belut di tempat itu, salah satunya adalah burger belut godean, burger unik ala mahasiswa Tata Boga UNY.

Baca juga : Menikmati Malam di Jogja bersama Kopi Arang

Burger belut Godean itu adalah kreasi Nurul Fauziah, mahasiswa Tata Boga Universitas Negeri Yogyakarta. Bersama rekan-rekannya, Nurul menghidangkan menu yang tak lazim itu. Seperti yang sudah disebut di atas, burger itu bernama Burger Belut.

Sekilas, tampilan Burger itu tak berbeda dengan Burger-burger yang lain. sama-sama menggunakan tumpukan roti dengan daging giling padat dan sayuran seperti selada air, tomat, dan mentimun. Yang membedakan adalah gulungan dagingnya yang terbuat dari daging belut.

“Membuatnya pun tidak berbeda dengan burger yang lain. Gilingan daging belut yang sudah dikukus dengan tepung panir dan beberapa bumbu yang sudah dipadatkan digoreng seperti proses pembuatan isian burger pada umumnya,” cerita Nurul.

(Burger Belut/kompas.com)
info gambar

Untuk mempertahankan cita rasa daging bahan-bahan yang dicampurkan sengaja tidak terlalu banyak. Tak hanya itu, sebelum diolah, daging belut dipisahkan dari tulang-tulangnya yang menempel. Mula-mula dijadikan fillet, baru diproses untuk jadi isian burger.

Sejatinya pilihan menghilangkan tulang bukan aturan pasti, bagi yang suka renyah, tulangnya bisa digiling sekaligus. Syaratnya harus benar-benar lembut, supayat tidak mengganggu penikmat yang lain.


Sumber : https://intisari-online.com
Gambar utama : shakeshack.com

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini