Prosedur Medis Ini Berhasil dilakukan, Pertama di Indonesia

Prosedur Medis Ini Berhasil dilakukan, Pertama di Indonesia
info gambar utama

Langkah UNAIR untuk menuju kampus 500 dunia semakin nyata, salah satunya dengan adanya kerjasama internasional yang dilakukan dalam segala bidang. Pada kesempatan ini, Fakultas Kedokteran UNAIR melalui dr. Indri Lakhsmi Putri Sp.BP-RE (KKF) yang melakukan operasi bedah Le Fort III Advancement pertama di Indonesia. Operasi ini dilakukan secara kerjasama dengan dua guru besar Erasmus Medical Center Belanda, Prof. Dr. Irene Margareet Jacqueline Mathijssen, Ph.D., M.D., dan Prof. Dr. Eppo Bonne Woluius, DDS., Ph.D., M.D.

Operasi Le Fort III sendiri merupakan tindakan operasi bedah plastik untuk memperbaiki struktur wajah yang mengalami kelainan akibat craniofacial dysostosis.

“Jadi beliau semua itu adalah guru saya waktu kuliah di Belanda, pada kesempatan ini saya undang untuk menangani kasus-kasus seputar bedah plastik yang belum pernah ditangani di Indonesia,” jelas dokter kelahiran Surabaya, 11 November 1983 tersebut.

Selain itu, dokter spesialis bedah plastik alumnus Erasmus Medical Center Belanda tersebut juga ditemani beberapa rekannya seperti Magda Rosaliana Hutagalung, dr., Sp.BP-RE (KKF) dan Lobredia Zarazade, dr., Sp.BP-RE (KKF).

Seperti dilansir oleh laman resmi berita Univesitas Airlangga, Operasi tersebut dilakukan oleh dua tim dalam dua hari. Hari pertama, Kamis (17/3) ditangani oleh Prof. Dr. Irene Margareet Jacqueline Mathijssen, Ph.D., M.D dan Prof. Dr. Eppo Bonne Woluius, DDS., Ph.D., M.D., dr. Indri Lakhsmi Putri Sp.BP-RE (KKF)., Magda Rosaliana Hutagalung, dr., Sp.BP-RE (KKF) dan Lobredia Zarazade, dr., Sp.BP-RE (KKF)., dan tim ortodensi untuk menangani pasien yang bernama Nur Alfia (8).

Selanjutnya hari kedua, Jumat (18/3) operasi ditangani oleh Prof. Dr. Irene Margareet Jacqueline Mathijssen, Ph.D., M.D., dr. Indri Lakhsmi Putri Sp.BP-RE (KKF) dan Magda Rosaliana Hutagalung, dr., Sp.BP-RE (KKF) dan Lobredia Zarazade, dr., Sp.BP-RE (KKF)., dan tim bedah saraf.

Operasi yang akan mencetak sejarah baru bagi dunia kesehatan di Indonesia tersebut, dilakukan di Gedung Bedah Pusat Terpadu (GBPT) RSUD Dr. Soetomo Surabaya.

Sumber : News Unair
Sumber Gambar :

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini