Lupa Sandi?

Jumlah Domain (dot)id Asli Indonesia Saingi Singapura

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Jumlah Domain (dot)id Asli Indonesia Saingi Singapura

Kebutuhan domain digital yang khas tampaknya mulai meningkat pesat semenjak ekonomi digital menjadi tren. Hal tersebut tampak dari data yang dirilis Pengelola Nama Domain Internet Indonesia (PANDI) yang mencatat pertumbuhan nama domain .id yang meningkat pesat dalam satu tahun terakhir.

Seperti dilansir oleh Detik.com berdasarkan data PANDI, pada akhir bulan Maret 2016, nama domain .id tercatat berjumlah 188.228, angka tersebut naik 43% dari akhir Maret tahun lalu yang "hanya" sebanyak 131.488 nama domain.

Ketua PANDI Andi Budimansyah mengungkapkan bahwa pertumbuhan yang sangat pesat terjadi dalam dua bulan terakhir yang mencapai kenaikan 32.619 nama domain, angka ini mencapai 94% dari total pertumbuhan domain .id.

Domain .id tanpa tambahan ekstensi memang baru diluncurkan kembali oleh PANDI pada 17 Agustus 2014. Menurut Andi, pertumbuhan domain .id yang pesat ini sudah sesuai dengan prediksi yang dilakukan PANDI.

Baca Juga

"Di negara lain, saat domain tingkat tinggi dirilis, pertumbuhannya juga sangat tinggi di atas domain tingkat dua," kata Andi.

Kenaikan domain .id yang pesat juga disebabkan promo gencar yang dilakukan oleh registrar-registrar PANDI selama beberapa minggu terakhir. Andi mengungkapkan apresiasinya terhadap partner-partner yang terlibat. 

Dengan peningkatan ini, domain .id sudah melewati jumlah domain .sg milik Singapura yang pada akhir Maret 2016 berjumlah 178.486. "Apabila dibandingkan dengan jumlah pengguna internet Indonesia yang jauh lebih besar, angka ini memang relatif masih kecil. Namun setidaknya ini merupakan milestone baru bagi domain ID," ujar Andi.

Andi optimis, jumlah domain .id akan semakin meningkat pada bulan-bulan mendatang. "April ini program satu juta nama domain .id dari Kementerian Kominfo RI akan dimulai. Kami berharap program ini dapat meningkatkan pengguna nama domain .id secara signifikan," ungkap Andi.

Program satu juta nama domain .id merupakan program Kementerian Kominfo untuk menyediakan satu juta situs internet berdomain .id dalam waktu tiga tahun. Situs internet lengkap dengan alamat domain ini tersedia gratis selama setahun untuk UKM, Sekolah, Pondok Pesantren, dan Desa.

Sumber : Detik.com
Sumber Gambar Sampul : Kebunweb.com

Label:
domain
Pilih BanggaBangga71%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang29%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata