Kinerja PT Bank Rakyat Indonesia (BRI) lagi-lagi mendapatkan apresiasi atau pengakuan dari media bertaraf internasional. Kali ini, Bank BRI terpilih sebagai “Best Bank In Indonesia 2016” dalam ajang pemilihan World’s Best Emerging Markets Banks in Asia Pacific 2016” yang dilakukan oleh Global Finance.

Global Finance merupakan salah satu media terkemuka di dunia dengan pembahasan isu-isu di seputar aktivitas keuangan internasional.

“Hingga saat ini, bank-bank di seluruh dunia masih terus menghadapi berbagai macam tantangan, di antaranya risiko geopolitik, kondisi ekonomi dan pasar yang tidak menentu serta rezim kebijakan yang berubah-ubah. Kami menghormati bank-bank yang unggul dalam menyikapi kebutuhan nasabah, dan menunjukkan komitmen tinggi terhadap pasar di mana mereka beroperasi, terlepas dari kondisi ketidakpastian yang tengah mereka hadapi,” demikian pernyataan dalam press release dari Joseph D Giarraputo, penerbit sekaligus Direktur Editorial Global Finance.

Media yang berbasis di New York, Amerika Serikat (AS) ini melakukan penilaian dengan melibatkan juri yang berlatar belakang sebagai analis industri, eksekutif perusahan dan konsultan perbankan dalam menentukan pemenang tingkat regional dan tingkat domestik di 25 negara kawasan Asia Pasifik.

Selain melibatkan juri yang kompeten, penilaian tersebut juga dilakukan melalui polling untuk memastikan hasil yang lebih akurat dan terpercaya dengan beberapa indikator yang meliputi, tingkat pertumbuhan aset dan laba, hubungan strategis, pelayanan, penawaran yang kompetitif, serta inovasi produk.

Para pemenang dalam ajang pemilihan tersebut akan mendapatkan kehormatan dalam sebuah seremoni penghargaan ‘Global Finance’s World’s Best Banks 2016 Awards Ceremony’, yang akan berlangsung saat pertemuan tahunan International Monetary Fund (IMF) atau World Bank pada tanggal 08 Oktober mendatang di The National Press Club, Washington DC, AS.


Sebagai informasi, penilaian ini merupakan bagian dari review tahunan ke 23 yang dilakukan oleh media Global Finance terhadap bank-bank terbaik di seluruh dunia termasuk di emerging markets (Asia Pasifik, Afrika, Asia Pasifik, Eropa Tengah dan Timur, Amerika Latin dan Timur Tengah).

Sementara itu, Corporate Secretary Bank BRI Hari Siaga mengatakan, hasil penilaian dalam pemilihan World’s Best Emerging Markets Banks in Asia Pacific 2016’ tersebut menunjukkan, bahwa daya saing Bank BRI terus meningkat dari tahun ke tahun. Selama 5 tahun terakhir ini, kinerja Bank BRI tumbuh sehat dan berkesinambungan, dengan Compound Annual Growth Rate (CAGR) atau rata-rata pertumbuhan tahunan sebanyak double digit di atas 10% sejak tahun 2011.

“Secara umum, kinerja Bank BRI dalam kurun waktu 5 tahun yang berakhir di Desember 2015 tersebut dapat digambarkan sebagai berikut, Laba bersih tercatat sebesar Rp. 25,2 triliun, dengan rata-rata pertumbuhan tahunan sebanyak 13,7%. Aset berada di posisi Rp. 846,0 triliun, atau tumbuh rata-rata 16,7% per tahun, yakni lebih dari 85% nya merupakan aset produktif,” ujar Hari.

Kemudian dari sisi funding, menurut Hari, Dana Pihak Ketiga (DPK) yang berhasil dihimpun tumbuh sebesar 14,6% per tahun, dengan posisi terakhir mencapai 642,8 triliun serta rasio Current Account Saving Account (CASA) atau dana murah yang juga terus meningkat. Sementara itu, total kredit yang sudah disalurkan mencapai Rp 558,4 triliun atau tumbuh rata-rata 18,5% per tahun, yang memperlihatkan kenaikan penyaluran kredit terjadi di semua segmen bisnis.

Lebih lanjut, Hari Siaga menuturkan, penghargaan yang diterima oleh BRI bukan kali ini saja. Sepanjang tahun 2015 lalu, Bank BRI telah menerima banyak penghargaan bergengsi. Penghargaan tersebut merupakan wujud apresiasi dari berbagai pihak atas kinerja positif BRI.

“Di antaranya, penghargaan bergengsi dari The Asian Banker berupa Best Microfinance Business 2015, The Best Domestic Bank in Indonesia 2015 pada penghargaan Asiamoney Award 2015 serta Bank of The Year 2015 Indonesia dari The Banker London,” tambah Hari Siaga.


-Unggul Wirawan/YS-

Sumber : Suara Pembaruan
Sumber Gambar Sampul : bisnis.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu