Indeks integritas ujian nasional (UN) tingkat SMP/MTs pada 2016 mengalami peningkatan. Hal itu terlihat dari meningkatnya persentase sekolah yang mendapat indeks integritas UN di atas 80. Pada 2015 hanya 23,44 persen sekolah setingkat SMP/MTs yang memperoleh angka tersebut.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan mengungkapkan, tahun ini sebanyak 44,03 persen sekolah berhasil mendapat indeks integritas UN di atas 80.

"Kami memperoleh nilai UN yang riil, sehingga evaluasinya bisa akurat, tidak seperti tahun-tahun sebelumnya," kata dia.

Meski demikian terjadi penurunan nilai rata-rata UN yang diperoleh. Pada 2015 nilai rata-rata UN SMP/MTs adalah 61,81. Sedangkan pada 2016 nilai rata-ratanya ialah 58,61.

Namun menurut Anies, itu merupakan fenomena yang wajar. Memang perlu dilakukan penyelarasan antara peningkatan indeks integrasi UN dengan nilai rata-rata UN.

"Untuk menyelaraskan keduanya memang butuh proses, yang terpenting integritas lebih dulu menjadi mindset utama dalam pelaksanaan UN," tutur Anies.

Kemendikbud pun akan terus berinovasi melakukan peningkatan nilai rata-rata tanpa meninggalkan semangat integritas.

"Dengan semakin jujurnya UN, diharapkan hasilnya dapat memetakan capaian pendidikan secara tepat sehingga bisa digunakan untuk meningkatkan mutu pendidikan dan mengoptimalkan pembinaan sekolah jadi lebih baik," kata Anies.

 
 


Sumber : kompas
Sumber Gambar Sampul : bhaktianindya

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu