Kota-kota terbaik dan terindah di dunia, memang umumnya berkonsep waterfront city, yakni kota-kota yang berada di tepi pantai, atau tepi danau dengan pemandangan yang menarik, ditambah dengan pemandangan laut lepas atau danau yang membentang luas. Dan kota pun terlihat begitu anggun dilihat dari tengah laut atau danau. Singapura, New York, Melbourne, Chicago, Sydney, dan lain-lain adalah beberapa contoh waterfront city terbaik di dunia. 

Di Indonesia, tanpa kita sadari, terdapat beberapa kota yang berkonsep waterfront city. Jika dikembangkan dan diperindah, kota-kota ini juga menyimpan keindangan yang luar biasa. 

Berikut beberapa kota pesisir terbaik di Indonesia dilansir Koransindo.

Ambon, Maluku

Ambon, pantai dan kota yang berbukit. Indah | skyscrapercity
Ambon, pantai dan kota yang berbukit. Indah | skyscrapercity

Kota di Pulau Maluku ini merupakan kota yang sejuk dan indah. Walaupun kota ini menghadap laut, namun kota ini tetap sejuk.

Indah dari daratan | Woody Noya at pinterest.com
Indah dari daratan | Woody Noya at pinterest.com

Belum lagi dengan pantai-pantainya yang indah, seperti Pantai Natsepa, Pantai Liang dan Pantai Santai yang membuat pariwisata Waterfront City ini hidup. Maluku juga memiliki Pelabuhan Yos Sudarso yang merupakan salah satu pintu pelabuhan di timur Indonesia.

Jayapura, Papua

Jayapura, ibukota Propinsi Papua | Panoramio.com
Jayapura, ibukota Propinsi Papua | Panoramio.com

Kota lainnya di bagian timur Indonesia yang mengusung konsep Waterfront City adalah Jayapura di Papua. Ibukota Papua ini memang dikenal memiliki potensi keindahan laut yang memesona. Keindahan itu juga dapat terlihat dari beberapa pantai yang ada seperti Bosnik dan Amai.

Di sepanjang pantai Kota Jayapura, pemerintah daerah juga membangun mal, hotel dan pusat perniagaan.

Batam, Kepulauan Riau

Jembatan Barelang | ryanditodwicahyo.wordpress.com
Jembatan Barelang | ryanditodwicahyo.wordpress.com

Daerah otorita Batam yang merupakan bagian dari Provinsi Kepulauan Riau memegang peranan penting dalam pembangunan kota berkonsep Waterfront City di Indonesia.

Batam Center | wikipedia
Batam Center | wikipedia

Batam yang merupakan wilayah segituga emas ASEAN “Indonesia, Malaysia, Singapura” merupakan pintu utama bagi pasar bebas ASEAN. Wajar jika Pemerintah Daerah sangat memperhatikan kota berbasis pelabuhan ini.

Surabaya, Jawa Timur

Jembatan Kenjeran, Surabaya
Jembatan Kenjeran, Surabaya

Walaupun tidak semua pusat perdagangan di Kota Surabaya berada di sepanjang pantai kota, namun dapat dipastikan bahwa Kota Pahlawan ini sebagian besar wilayahnya berada di daerah pesisir Pantai Utara Jawa (Pantura).

Surabaya, terutama di bagian barat, juga menerapkan konsep Waterfront City untuk kotanya. Wilayah Pantai Kenjeran dan Ria bahkan direncanakan dibangun dengan konsep wilayah terpadu.

Ada 2 komentar

Ayo ikutan juga