Kota di Sumatera ini Akan Memiliki LRT Pertama di Indonesia

Kota di Sumatera ini Akan Memiliki LRT Pertama di Indonesia
info gambar utama

Kota ini adalah kota terbesar ke-2 di Sumatera setelah Medan, dan beberapa tahun belakangan ini makin menunjukkan diri sebagai kota metropolis yang maju dan canggih. Palembang, adalah salah satu kota terbersih di Indonesia.

Lalu lintas kota ini kini makin padat. Penyebabnya adalah Pembangunan Light Rail Transit (LRT) yang saat ini tengah dilakukan, dan kemacetan ini diprediksi akan terjadi hingga dua tahun mendatang.

Namun kemacetan ini akan terbayar saat Palembang memiliki semua moda transportasi yang sangat berkelas dan pertama di Indonesia yakni LRT. Saat ini, pembangunan LRT ini sudah mulai dilakukan di sepanjang jalan mulai dari bandara hingga depo akhir di Jakabaring.

Mulai dibangun | detik.com
Mulai dibangun | detik.com

Mulai dibangun | koransn.com

Di setiap median jalan, saat ini sudah mulai dibangun untuk pemasangan tiang pancang yang secara bersamaan telah dilakukan. Seperti di arah bandara ada beberapa titik pengerjaan pembangunan tiang pancang.Hal yang sama juga seperti di jalan demang lebar daun hingga jakabaring pun telah dilakukan pengerjaannya.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan LRT kan selesai 1 januari 2018 dan enam bulan untuk melakukan signal dan pelistrikan. Ia mengatakan walaupun saat ini macet karena LRT namun pihaknya yakin 6 bulan sebelum Asian Games 2018 mendatang LRT ini akan bisa beroperasi.

Pemerintah pusat mengucurkan dana Rp 12,4 triliun untuk membangun LRT di Kota Palembang. Pembangunan infrastruktur diprediksi menghabiskan Rp 11,2 triliun, sedangkan dana Rp 1,2 triliun diproyeksikan untuk rangkaian gerbong dan lokomotif serta Depo.

sumber:

Republika

Sriwijaya Post

gambar ilustrasi : sriwijaya post

Jika Anda tertarik untuk membaca tulisan Akhyari Hananto lainnya, silakan klik tautan ini arsip artikel Akhyari Hananto.

Terima kasih telah membaca sampai di sini