Lupa Sandi?

Panganan Sederhana dari Tanah Sunda

Imama Lavi Insani
Imama Lavi Insani
0 Komentar
Panganan Sederhana dari Tanah Sunda

Olahan kuliner Tanah Sunda menjadi salah satu olahan makanan paling populer di Indonesia. Beberapa ciri makanannya adalah ringan, sederhana, gurih asin, asam segar, manis ringan, dan pedas. Berikut ini tim redaksi merangkum beberapa kuliner khas tanah Sunda.

Batagor

Batagor
Batagor

Batagor merupakan singkatan dari Bakso Tahu Goreng. Kuliner ini tergolong sebagai makanan ringan atau camilan yang biasanya dimakan dengan siomay.

Batagor terbuat dari tahu yang telah dilembutkan dan diisi adonan berbahan dasar ikan tenggiri dan dicampur dengan tepung tapioka selanjutnya dibentuk bola dan digoreng dalam minyak panas sampai matang. Batagor sangat populer di masyarakat bahkan anak TK sekalipun sudah mengenal makanan ini.

Empal Gentong

Empal Gentong
Empal Gentong

Empal Gentong adalah makanan khas Jawa Barat yang berasal dari daerah Cirebon. Dinamakan Empal Gentong karena tempat untuk menaruh kuah adalah sejenis kuali dan lebih terkenal dengan nama gentong, oleh karena itu dinamakan Empal Gentong. Jika dilihat sepintas, Empal Gentong mirip dengan gule.

Untuk cita rasa alami, proses memasaknya menggunakan kayu bakar terutama kayu pohon mangga menggunakan gentong tadi. Rasanya sangat lezat karena bahan utama empal gentong adalah daging sapi, usus dan babat. Untuk menikmati empal gentong bisa dengan nasi atau juga lontong.

Es Oyen

Es Oyen
Es Oyen

Rasanya yang segar dan manis membuat minuman asal Jawa Barat ini menjadi es yang paling terkenal di penjuru negeri.

Es yang telah dijual sejak tahun 1954 ini terdiri dari bermacam-macam buah-buahan, seperti jagung, alpukat, kelapa muda, pacar cina dan aneka buah lainnnya. Aneka buah tersebut lalu ditambahkan es batu dan susu kental manis. Rasanya yang nikmat tersebut membuat kenikmatannya tak lekang oleh waktu.

Cireng

cireng
cireng

Cireng adalah kependekan dari aci goreng (tepung kanji goreng). Bahan utamanya adalah tepung kanji dan dicampur dengan terigu, merica, bawang putih, daun bawang, kedelai, garam lalu digoreng. Sehingga menciptakan suatu rasa yang khas. Saat ini sudah tersedia aneka macam olahan cireng yang dijual dalam bentuk Frozen Food sehingga dapat disimpan di lemari es dan dinikmati kapanpun dimanapun.

Es Goyobod

Es Goyobod
Es Goyobod

Salah satu minuman khas Jawa Barat ini berbahan dasar goyobod yang terbuat dari tepung hunkwe bertekstur kenyal. Goyobod tersebut dipotong kecil-kecil lalu kemudian dicampur dengan santan, gula cair dan kelapa muda. Terkadang juga ditambahkan variasi makanan lainnya seperti potongan alpukat, kolang kaling, tapai singkong, dan lain-lain. Es ini memiliki rasa yang manis dan segar, sangat cocok diminum siang hari dan saat berbuka puasa.

Sumber Informasi:

sobatinfo.com

banjarwangi.com

Sumber Gambar :

Batagor:

www.tokomesin.com

Empal Gentong

empalcerbon.files.wordpress.com

Es Oyen

joeantorophotography.blogspot.co.id

Es Goyobod

www.youtube.com

Cireng

http://cirengsalju.com/

http://felisblog.web.id/

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG IMAMA LAVI INSANI

Hidup sederhana yang penting bermanfaat :D

... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie