Lupa Sandi?

Banyumas Extravaganza, Karnaval Seni Budaya Penghibur Masyarakat

Inadha Rahma Nidya
Inadha Rahma Nidya
0 Komentar
Banyumas Extravaganza, Karnaval Seni Budaya Penghibur Masyarakat

Purwokerto merupakan sebuah kota kecil yang terletak di kaki Gunung Slamet, Kabupaten Banyumas. Berada di daerah yang dekat dengan dataran tinggi membuat masyarakat Purwokerto hidup bersama alam dan terbiasa untuk sederhana. Bertahun-tahun lamanya Purwokerto hidup tanpa adanya mall. Hiburan yang paling disukai adalah menyantap mendoan selagi hangat, atau berkunjung ke Baturraden dan berenang di curug. Tak heran, sekalinya ada agenda dari kabupaten, pasti mendapat antusias yang besar. Salah satu yang selalu ditunggu-tunggu oleh masyarakat adalah Banyumas Extravaganza.      

Extravaganza merupakan karnaval seni budaya yang diadakan masih dalam serangkaian acara hari jadi Banyumas. Pada tahun 2016 ini, Banyumas Extravaganza diadakan pada hari Minggu tanggal 24 Juli. Meskipun panas terik membakar kulit, berbondong-bondong masyarakat Banyumas memenuhi sisi-sisi jalan sepanjang Bioskop Rajawali hingga Alun-alun kota. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, semua mencari posisi terdepan agar dapat melihat barisan. Malamnya para pedagang dan juru parkir dapat tidur nyenyak karena turut mendapat berkah dari keramaian.    

Salah satu sisi keramaian Banyumas Extravaganza
Tua dan muda, tidak dapat disurutkan oleh panas. 

Tiap tahunnya Banyumas Extravaganza mengusung tema yang berbeda. Tema dari Banyumas Extravaganza kali ini adalah Batik Banyumas Bertopeng Cantik. Berpuluh-puluh orang ikut barisan dan menyiapkan kostum serta penampilan terbaik demi memuaskan mata para penonton. Senyum tak lupa disunggingkan, menambah keapikan batik yang digunakan. Selain peragaan busana, Banyumas Extravaganza juga menampilkan kentongan, marching band, dan permainan gamelan.

Peragaan busana yang menggabungkan batik dengan topeng.
Peragaan busana yang menggabungkan batik dengan topeng.
Tak hanya peragaan busana, permainan gamelan juga dibawa turun ke jalan.
Tak hanya peragaan busana, permainan gamelan juga dibawa turun ke jalan.

Banyumas Extravaganza merupakan wadah untuk masyarakat Banyumas menampilkan kesenian dan kebudayaan Indonesia. Diikuti oleh pelajar, komunitas, dan instansi, Banyumas Extravaganza berhasil menghibur masyarakat dengan budaya milik kita sendiri. Mungkin konsep dari Banyumas Extravaganza hampir sama dengan Jember Fashion Carnaval dan Solo Batik Carnival, hanya saja namanya belum sebesar kota lain. Jika terus diadakan rutin dan diperbaiki pelaksanaan setiap tahunnya, sangat besar peluang Purwokerto menjadi kota kecil yang ramai pengunjung.  

Baca Juga





Sumber Gambar : Nur Isnaini dan dokumen pribadi.

Menulis Kabar Baik #2
Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG INADHA RAHMA NIDYA

Mahasiswa semester 3 jurusan Ilmu Komunikasi FISIP UNSOED ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara