Lupa Sandi?

Hore! Taman Nasional Kebanggan Lampung ini Jadi Taman Warisan ASEAN

Bagus Ramadhan
Bagus Ramadhan
0 Komentar
Hore! Taman Nasional Kebanggan Lampung ini Jadi Taman Warisan ASEAN

Taman Nasional di Indonesia terus mendapatkan perhatian serius. Selain perlindungannya semakin diprioritaskan, pengenalan dan peningkatan statusnya dalam dunia internasional juga terus bertambah. Seperti Taman Nasional kebanggan Provinsi Lampung, Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang pada Senin, (25/07) yang lalu diresmikan sebagai 36th ASEAN Heritage Park.

Seperti dibiritakan oleh Jakarta Globe, taman nasional tersebut diresmikan sebagai Taman Nasional Warisan ASEAN yang ke-36. TNWK yang merupakan rumah bagi Gajah Sumatera, Badak Sumatera dan Harimau Sumatera tersebut memperoleh perhatian khusus dalam upaya konservasi. 

"Inagurasi (peresmian -red.) sebagai ASEAN Heritage Park ini merupakan kehormatan tertinggi (untuk taman nasional) tentang pentingnya taman nasional ini sebagai area konservasi," ujar Sutono, Pejabat Sekretaris Daerah Provinsi Lampung. 

Menurutnya, TNWK merupakan satu-satunya wilayah konservasi di dunia yang berhasil mengembangbiakkan Badak Sumatera secara semi-alami di the Sumatran Rhino Sanctuary (SRS).

Sebagaimana diketahui pada bulan Mei lalu, dunia konservasi internasional mendapatkan kabar gembira dari lahirnya Badak Sumatera di SRS yang terletak di TNWK. Kelahiran tersebut dianggap sebagai sebuah keberhasilan dalam melindungi Badak Sumatera yang terancam punah.

Diresmikannya TNWK ini menambah daftar Taman Warisan ASEAN yang dimiliki oleh Indonesia menjadi empat taman. Taman Nasional yang telah lebih dahulu diresmikan sebagai ASEAN Heritage Park adalah Taman Nasional Gunung Leuser di Aceh, kemudian Taman Nasional Kerinci Seblat di Bengkulu, dan Taman Nasional Lorentz di Papua. 

Kabarnya, terdapat lokasi lain yang diajukan menjadi Taman Warisan ASEAN dari Indonesia. Seperti Kepulauan Seribu di Jakarta dan Taman Nasional Wakatobi di Sulawesi Tenggara. 

Sumber : Jakarta Globe
Sumber Gambar Sampul : frontroll.com

Pilih BanggaBangga100%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAGUS RAMADHAN

Seorang copywriter dan penulis konten yang bermimpi mampu menebar inspirasi dan semangat lewat konten-konten berkualitas untuk kehidupan yang lebih baik. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti

ARTIKEL TERKAIT

Satu-Satunya Ikan Yang Bisa Berjalan Ini Hidup di Kalimantan

Agatha Olivia Victoriasatu bulan yang lalu

Pulau di Bima ini Penuh Dengan Ular. Tak Berbisa

Akhyari Hanantosatu bulan yang lalu

Tanaman Rempah Indonesia Hadir di Belanda

Adriani Zulivansatu bulan yang lalu
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas