"Widuri.. Elok bagai rembulan.. Oh sayang...

Widuri.. Indah bagai lukisan.. Oh sayang..."

Lagu yang dipopulerkan oleh Bob Tutupoli ini memang pas untuk menggambarkan sebuah tanaman dengan nama Latin Calostropis gigantea atau yang lebih dikenal Biduri atau Widuri. Ya, widuri yang selama ini dikenal sebagai lagu, ternyata nama tanaman asli Indonesia.

Calostropis gigantea
Calostropis gigantea

Seperti lagunya, Widuri indah jika dilihat saat senja setelah hujan menimpanya. Dengan tampilan khasnya, tanaman ini mudah ditemukan di tanah lapang atau di pinggir jalan. Daunnya berbentuk oval dengan permukaannya sedikit berbulu. Bunganya berbentuk seperti bintang berwarna keunguan dengan tengahnya berbentuk seperti mahkota raja. Getahnya berwarna putih susu. Jika dibiarkan, tinggi Widuri dapat mencapai 4 meter. Oleh karena itu, di beberapa negara Widuri lebih dikenal dengan nama Crown Flower atau Giant Milkweed.

Calostropis gigantea
Calostropis gigantea

Tidak hanya berkilau seperti pelangi yang indah, Widuri mampu mengobati berbagai luka. Secara tradisional, masyarakat percaya tanaman ini berkhasiat mengobati luka bakar, gigitan ular, demam atau sariawan. Namun, jangan mengusap getahnya jika tidak ingin menderita. Karena kandungan racunnya, getah widuri biasa dioleskan di ujung panah untuk berburu.  

Sumber : Berbagai sumber
Sumber Gambar Sampul : dok. pribadi

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu