Lupa Sandi?

Taman Untuk Bermain Itu Bernama Indonesia

Agustinus Bertolomeus Eko DOny Prayudi
Agustinus Bertolomeus Eko DOny Prayudi
0 Komentar
Taman Untuk Bermain Itu Bernama Indonesia


“Dari Sabang sampai Merauke berjajar pulau-pulau.

Sambung menyambung menjadi satu itulah INDONESIA”

Kampung Sebujit dan rumah Balug
Kampung Sebujit dan rumah Balug

 

Lagu yang sering saya nyanyikan saat disuruh maju kedepan saat pelajaran kesenian. Lagu ini terus terngiang, selain liriknya bagus, saya jadi tersugesti untuk membuktikan kebenaran apakah ini benar atau hanya lirik lagu saja.

Indonesiaku Luas.

Dari pelajaran sejarah, saya tahu bahwa Indonesia terbentuk dari berbagai macam suku yang terdiri dari berbagai kerajaan Nusantara. Saya ingat dengan kehebatan Kerajaan Sriwijaya dan Majapahit. Masing-masing memiliki sejarah panjang. Luar biasa Indonesia dari dulu hingga sekarang. Terlihat bukti kejayaan Majapahit sampai sekarang Borobudur, Prambanan dan masih banyak candi dan prasasti yang terawat hingga kini termasuk istana dari berbagai kerajaan dan kesultanan berdiri kokoh di sepanjang Indonesia.

Dari ilmu geografi, saya belajar bahwa Indonesia terdiri dari 5 pulau besar: Sumatera, Kalimantan, Jawa, Sulawesi dan Papua sedangkan pulau kecilnya sebanyak 13.000. Luasnya tidak tanggung-tanggung 1.904.569 kilometer persegi dengan 34 provinsi dan didiami sekitar 250 juta jiwa. Walaupun jumlah penduduk Indonesia terbesar ke 5 di dunia, tidak semua pulau di negara ini ada penghuninya. Masih banyak pulau kosong tak bertuan dan bernama. Pernah membayangkan kalau tersesat di sana? .

Penuh Budaya dan Citarasa Boga

Data Badan Pusat Statistik di tahun 2010 menggambarkan ada 1331 suku dan sub suku yang ada di Indonesia dan menyebar di seluruh negeri. Bisa di bayangkan berapa banak bahasa, adat dan budaya yang ada. Saya orang Indonesia tapi belum pernah bertemu dengan semuanya. Menyelami setiap perilaku manusia dan objek yang terlihat. Sudah pernah melihat budaya Nyobeng atau festival Capgomeh di Kalimantan Barat? Kuliner lokal? Jangan di tanya lagi ragamnya.

Bersama wanita dayak yang bertelinga panjang
Bersama wanita dayak yang bertelinga panjang

 

Indonesia sudah seperti surga makanan. Semua punya ciri khas yang berbeda. Sumatera dengan karakter rasa makanan yang asin gurih; Kalimantan dengan Asin, Pedas dan gurih; Jawa yang cenderung manis dan gurih; Sulawesi yang kaya akan rasa pedas dan gurih serta Papua dengan citarasa makanan dengan rasa alami. Siapa yang bisa menolak menjelajahi Indonesia sembari menikmati interaksi budaya dan rasa? Saya akan mengangkat tangan tinggi-tinggi dan berteriak YA! Untuk ini.

Sepotong Surga Dunia

Saya Bangga menjadi orang Indonesia, Hutan yang luas membuat keanekaragaman hayati terbanyak ke dua di dunia. Flora dan fauna endemik menghiasi keanekaragaman hayati. Anggrek hitam, kantung semar, kayu ulin dan gaharu jadi tanaman indah yang bisa di nikmati di hutan kita. Harimau Sumatera, Badak bercula satu sampai Komodo merupakan salah satu hewan endemik dilindungi yang hanya ditemui di Indonesia.

Tidak hanya hutan, laut dan pantainya juga menyimpan kekayaan yang luar biasa. Flora dan fauna air tawar maupun air asin juga banyaknya luar biasa. Semenjak Raja Ampat terkenal, banyak orang yang datang ke sini untuk melihat keindahan batu karang dan bawah lautnya yang masih perawan. Pulau komodo dengan warna biru kehijauan laut dan pasir jambonnya Ada pula pantai Paloh yang indah dan menjadi tempat berbagai macam penyu bertelur.

Sungai Mendalam
Sungai Mendalam

 

Jangan lupa tiap daerahpun punya landmark yang harus dikunjungi dan dinikmati dengan mata. Jam Gadang di Padang, Vihara Tri Darma Bumi Raya di Singkawang , jembatan Ampera di Palembang, Monas di Jakarta dan masih banyak lagi yang lain, menunjukkan Indonesia juga mampu membuat bangunan yang mempunyai ciri khas sehingga gampang diingat dengan baik.

Ayo Keliling Indonesia

Rasanya sayang sekali jika kita tidak menjelajah Republik ini. Negara Indonesia begitu luas untuk dijelajahi seminggu atau sebulan. Saya asal Kalimantan Barat dan masih banyak tempat yang belum dikunjungi. Mengenal bangsa dan kekayaan Indonesia menjadi hal yang sangat diinginkan. Wajah Indonesia yang ramah, berbudaya dan indah tercermin dari perilaku warganya dan alamnya. Indonesia adalah tempat menikmati alam dan budaya yang komplit dalam satu tempat. 


Sumber : www.tukangjalanjajan.com (blog pribadi)
Sumber Gambar Sampul : (gambar pribadi)

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGUSTINUS BERTOLOMEUS EKO DONY PRAYUDI

Kawan GNFI ... Lihat Profil Lengkap

Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata