Indonesia Siap Beradu di Ajang Reli Motor Asia

Indonesia Siap Beradu di Ajang Reli Motor Asia
info gambar utama

Ajang Asia Cross Country Rally akan digelar di Pattaya, Thailand pada 13-19 Agustus 2016 nanti. Pada tahun lalu Indonesia tidak dapat membawa piala kemenangan namun hal tersebut tidak menghentikan semangat untuk mengirimkan perwakilan dalam ajang ini. Jika tahun lalu Indonesia hanya diwakilkan satu orang pereli, pada tahun ini dua perwakilan yang akan melaju dalam ajang AXCR 2016. Adalah Rudy Poa dan Kadex Ramayadi, dua orang pereli yang siap mengharumkan nama bangsa di ajang reli motor Asia ini.

Rudy Poa yang tahun lalu sudah berpengalaman mengikuti ajang yang sama dengan posisi sebagai manajer, optimis tidak mengulangi kesalahan pada tahun sebelumnya. Akan turun langsung sebagai peserta, pria berusia 47 tahun ini mengungkapkan bahwa segala persiapan telah dilakukan menyangkut persiapan teknik berupa latihan pengenalan karakter motor namun yang menjadi tantangannya nanti bukanlah trek yang akan dilalui, tapi lebih ke pemahaman navigasi.

“Reli motor bukan hanya ketangguhan rider dan ketangguhan motor yang diuji, tapi pemahaman navigasi jauh lebih penting, karena di Asia Cross Country Rally tidak menggunakan navigasi GPS melainkan menggunakan navigasi tulip,” ujar Rudi, di Jakarta (3/8).

Rudy dan Kadek juga mulai belajar tentang peta tulip. Memang di event ini tiap peserta hanya dimodali peta tulip untuk masuk ke jalur. Tidak diperkenankan menggunakan GPS. Peta tulip tadi dipasang di motor. “Perlu koordinasi yang baik dalam membaca peta dan odometer di motor. Kalau nggak match bisa nyasar deh,” ungkap Rudy.

Koordinasi saling bantu jika salah satu dari mereka mengalami trouble di jalur juga dibahas. Kondisi seperti apa bisa saling tolong menolong atau kondisi bagaimana harus ‘rela’ meninggalkan teman. Posisi rider utama ada pada Kadek dan Rudy sebagai rider kedua.

"Saya tertantang untuk bisa mencetak hasil terbaik demi nama Bangsa Indonesia melalui ajang reli ini. Untuk itu, kami telah melakukan latihan intensif, baik skill maupun fisik, termasuk penguasaan navigasi bersama Rudy Poa. Doakan kami bisa meraih hasil baik di tahun ini," ungkap Kadek.
Dalam kompetisi ini, keduanya didukung oleh Furukawa Battery, yang juga menjadi salah satu Bersama Furukawa Indomobil Battery Sales selaku distributor aki Furukawa Battery, sponsor dari ajang AXCR.

Keduanya akan berangkat pada 10 Agustus 2016 untuk melakukan persiapan termasuk latihan navigasi dan selanjutnya akan mengawali start di Pattaya Thailand pada 13 Agustus 2016, serta finish di Kamboja pada 19 Agustus 2016 dengan total menempuh jarak 2.400 km.




Sumber :

https://dapurpacu.com

https://goffroad.com

https://motorinanews.com/


Sumber Gambar Sampul : https://goffroad.com

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini