Lupa Sandi?

Festival Bunga Kelas Dunia 2016 Hadir di Tomohon

Agustina  Suminar
Agustina Suminar
5 Komentar
Festival Bunga Kelas Dunia 2016 Hadir di Tomohon

Festival tahunan Tomohon International Flowers Festival (TIFF) 2016 semakin tebarkan pesonanya di mata dunia. Pada tahun ini, banyak negara yang ikut meramaikan festival bunga ini. Negara-negara tersebut antara lain Tiongkok, Australia, New Zealand, Polandia, India, Hong Kong, Rusia, Amerika, Perancis, Thailand dan Filipina. Hari ini adalah acara terakhir setelah pembukaan festival pada tanggal 8 agustus kemarin.  

Festival Bunga Tomohon 2016
Festival Bunga Tomohon 2016

Festival bunga kali ini telah menjadi tontonan gratis kepada wisatawan domestik maupun mancanegara. Bahkan menurut Walikota Tomohon, tahun ini festival bunga Tomohon menargetkan 1 juta wisatawan mancanegara untuk lebih menarik daya tarik wisatawan asing terhadap pariwisata Indonesia.

Bahkan pada bulan Juli-Agustus, Manado sudah mulai dipenuhi dengan wisatawan Tiongkok. Diperkirakan 10 ribu wisatawan asal Tingkok sudah ramai memadati Menado pada pertengahan bulan Agustus. Menariknya, mereka menjadi supporter bagi parade bunga asal negara mereka yang tampil di Festival Tomohon tahun ini. Ini membuktikan bahwa Festival Bunga Tomohon sudah memiliki gaung tersendiri di Tiongkok.

Caption (Sumber Gambar)

Menurut, Jimmy F. Eman, Walikota Tomohon, kegiatan festival bunga ini diawali dengan penampilan Lomba Paduan Suara Pelayan Khusus GMIM dan Lomba Paduan Suara Kebersamaan antar denominasi Agama, Festival Geotherma. Setelah itu dilanjut dengan Lomba Lari 10 KM, Pengucapan syukur Se-Kota Tomohon, Tournament of Flowers, Festival Kuliner Pameran (Tourism, Trade, Investment & Floriculture Expo) dan Festival Band Pelajar Tingkat Provinsi Sulawesi Utara.

Untuk mengantisipasi dan menjaga membludaknya penonton di sisi kiri dan kanan jalan, penyelenggara mengerahkan pasukan polri untuk ikut mengamankan festival berkelas internasional ini. Menurut Kapolda Sulut, Brigjen Pol Wilmar Marpaung, Polda Sulut cukup sibuk untuk mengatur lalu lintas yang setiap tahun selalu penuh sesak dengan lautan mobil dan manusia.

Caption (Sumber Gambar)Tomohon merupakan salah satu daerah di Sulawesi Selatan yang memiliki tanah subur dan suasana yang sejuk, sehingga banyak jenis bunga yang tumbuh sempurna di Tomohon.  Tidak mengherankan jika Tomohon menjadi penghasil bunga terbesar di Indonesia.

Menurut Wakil Walikota Tomohon, Syerly Sompotan, festival ini akan menjadi ajang promosi efektif untuk memperkenalkan destinasi wisata Indonesia ke negara lain. Festival ini juga menjadi inspirasi masyarakat untuk mengembangkan usaha ekonomi kreatif dan pariwisata di Tomohon. Sekarang, masyarakat Indonesia tak perlu jauh-jauh ke Pasadena Amerika hanya untuk menikmati mewahnya sebuah parade bunga.




Sumber :

kemenpar.


Sumber Gambar Sampul :mediaindonesia.com

Pilih BanggaBangga80%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang20%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG AGUSTINA SUMINAR

We write to taste life twice. ... Lihat Profil Lengkap

Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara