Lupa Sandi?

Keren! Revolusi Baca Komik 360 Derajat Ini Karya Original Anak Indonesia

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Keren! Revolusi Baca Komik 360 Derajat Ini Karya Original Anak Indonesia

Komik selalu jadi bahan bacaan yang asyik di kala senggang. Selain membaca tulisan, melalui komik kita juga disuguhkan gambar-gambar yang tak jarang membuat kita tergelitik. Cara membaca komik pun terbilang berbeda dengan cara membaca tulisan pada umumnya. Setiap negara punya cara masing-masing untuk membaca komik.

Di Jepang, umumnya komik dibaca mulai dari kiri, ada pula yang dari atas ke bawah. Sedangkan di Indonesia, umumnya kita membaca komik dari kiri ke kanan. Cara membaca seperti ini tentu sudah awam kita lakukan, tapi bagaimana kalau kita membaca komik dengan cara 360 derajat? Kita tidak cuma bisa melihat latar belakang cerita dari satu potong saja melainkan keseluruhannya!

Inilah inovasi yang dibuat oleh komikus kreatif kita Yoga Adhitrisna dan Hari Prast dari Comicrecyuk yang bekerja sama dengan fotografer profesional Henky Christianto dan Diki Satya yang tergabung di 360 Indonesia. Demi memberikan pengalaman membaca komik yang berbeda dan unik, Yoga dan Hari pun berinisiatif membuat komik 360 ini.

360 Indonesia adalah entitas profesional yang telah sering melakukan pemotretan panorama 360 untuk berbagai lembaga atau perusahaan besar di tanah air mulai dari Sabang sampai Merauke. Dengan skill unik yang ditawarkan dari 360 Indonesia inilah, Yoga dan Hari mengajak tim dari 360 Indonesia untuk berkolaborasi membuat inovasi komik 360.

Yoga dan kawan-kawan merilis komik 360 ini pada gelaran Soft Launch Komik Serial Anak-anak Revolusi I di Popcon Asia 2016 dengan judul "Komik 360 AngkRingan Malioboro". Dalam tulisannya di qubicle.id, Yoga mengungkapkan bisa jadi komik AngkRingn Malioboro 360 ini adalah yang pertama kali di Indonesia dan pihaknya akan terus membuat komik 360 di serial lainnya.

"Dengan Komik 360 kita dapat merasakan kemerdekaan membaca komik. Orang yang kekanan-kananan, kekiri-kirian, kezigzag-zigzagan ataupun lainnya, semua bebas memilih arah membaca sesuai selera," tulis Yoga dalam laman qubicle-nya.

Revolusi membaca komik inipun mencuri perhatian banyak orang di Popcon Asia 2016 dan mendapatkan komentar positif dari orang-orang yang melihatnya menggunakan VR. Bagi yang belum sempat membaca dan penasaran dengan Komik 360 karya Yoga, Hari, Hengky, dan Diki ini bisa dilihat melalui post facebook Hengky di sini.

 

*Warning: buka tautan ini dengan Browser selain Safari jika menggunakan komputer. Buka tautan ini dengan Apps Facebook jika menggukanan gadget (smartphone & tablet)


Sumber : qubicle.id
Sumber Gambar : qubicle.id

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie