Wow Provinsi Ini Berhasil Menjadi Percontohan Pembangunan PBB

Wow Provinsi Ini Berhasil Menjadi Percontohan Pembangunan PBB
info gambar utama

Millenium Development Goals atau MDGs memang telah usang digunakan, sebab Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sebagai pencetus inisiatif tersebut telah memerbaharuinya dengan agenda baru bernama Sustainable Development Goals (SDGs). Namun bukan berarti kisah-kisah sukses dalam pencapaian MDGs tidak menjadi pelajaran penting. Itu sebabnya provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) pada bulan September lalu diundang PBB untuk memaparkan kesuksesan terkait program MDGs.

Seperti diberitakan Republika.co.id, NTB melalui Gubernurnya, Muhammad Zainul Majdi menghadiri Konferensi United Nations Development Programs (UNDP) di Amerika Serikat. Gubernur menjelaskan bahwa kehadirannya pada Sidang UNDP tidak lepas dari prestasi yang diraih oleh Pemerintah Provinsi NTB tentang pencapaian-pencapaian MDGs.

Terpilihnya NTB mewakili Indonesia, karena oleh pemerintah Indonesia, NTB dianggap berhasil menerapkan program-program MDGS selama lima tahun. Sehingga berhasil meraih award sebagai juara pertama berturut-turut setiap tahunnya.

"Kenapa diundang, karena NTB itu dianggap sebagai salah satu contoh sukses di dunia," ujar Majdi.

Baca juga: Warna-warni Tenun Tembe Khas Bima

Dirinya juga menjelaskan selain Indonesia, juga terdapat dua negara lain yang dianggap sukses menjalankan program yang diinisiasi pada tahun 2000 dan berakhir pada tahun 2015 tersebut. Dua negara tersebut adalah Meksiko dan Nigeria.

Dalam sidang itu juga Gubernur Majdi juga menyampaikan beberapa langkah persiapan NTB untuk melaksanakan program SDGs yang merupakan program lanjutan dari MDGs. Sebelum akhirnya menandatangani program tersebut sebagai bentuk komitmen.

"Menurut saya ini bagus dan ada beberapa sharing tentang apa yang kita lakukan, yang juga menjadi catatan bagi forum untuk kemudian menjadi salah satu prinsip di dalam pelaksanaan SGDs," jelasnya.

Sumber : Republika.co.id
Sumber Gambar Sampul : mataramkota.go.id

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini