Akhirnya, Rute Pesawat Jakarta – Banyuwangi Segera Dibuka

Akhirnya, Rute Pesawat Jakarta – Banyuwangi Segera Dibuka
info gambar utama

Akhirnya, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan penerbangan langsung dari Jakarta ke Banyuwangi akan segera dibuka. Menurutnya, penerbangan ini akan mempermudah mobilitas yang akan menggerakkan roda perekonomian Banyuwangi. Menurut Anas, adanya penerbangan langsung ini dunia pariwisata, dunia usaha, dan mobilitas orang akan semakin cepat untuk menggerakkan perekonomian lokal.

Anas menjelaskan telah bertemu dengan CEO Sriwijaya Air, Chandra Lie, untuk membahas rute langsung Jakarta-Banyuwangi. Diharapkan dengan adanya penerbangan langsung ini, wisatawan dan pebisnis mampu menghemat waktu untuk menuju Banyuwangi dari Jakarta.

Bupati Banyuwangi, Anas bertemu dengan CEO Sriwijaya Air, Chandra Lie. | Sumber : Ira Rachmawati (Kompas Travel)
info gambar

Saat ini, frekuensi rute Surabaya-Banyuwangi, menurut Bupati Anas telah mencapai tiga kali terbang per hari. Rencananya, per 30 Oktober 2016 nanti bertambah menjadi empat kali terbang per hari.

Rute Jakarta-Banyuwangi diharapkan bisa terealisasi dalam waktu dekat ini. Tim dari pihak maskapai akan segera mengurus izin rute ke otoritas-otoritas terkait, dari Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (Airnav) hingga Kementerian Perhubungan. Secara teknis, penerbangannya sudah bisa terealisasi. Ketebalan landasan Bandara Banyuwangi bisa digunakan oleh pesawat jenis Boeing 737 seri 500.

Salah satu alasan adanya rute Jakarta-Banyuwangi adalah karena kenaikan jumlah penumpang di Bandara Banyuwangi yang sangat signifikan. Penumpang melonjak hingga 1308 persen dari hanya 7826 penumpang (2011) hingga menjadi 110234 penumpang (2015). Hingga Agustus 2016, bandara tersebut telah melayani hingga 71.000 penumpang.



Sumber : KompasTravel

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini