Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersinergi dengan Telkom guna memperkuat platform dari portal marketplace blanja.com agar menjadi eCommerce BUMN Indonesia.

Blanja.com adalah portal yang dimiliki Metraplasa, anak usaha dari Telkom. Sejumlah BUMN seperti Bank Mandiri, Bank BNI, Bank BRI, Bank BTN, dan PT Pos Indonesia (Posindo) sepakat bersinergi dengan Telkom memperkuat platform Blanja.com sesuai dengan kompetensi masing-masing. 

BUMN perbankan akan mendukung disisi pendanaan dan sistem pembayaran, serta Posindo di sisi logistik.   

Penandatanganan MoU Penyediaan dan Pemanfaatan Platform E-Commerce Marketplace Blanja.com,  ditandantangani oleh masing-masing Direktur Utama Telkom, Alex J Sinaga, Dirut Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo,  Dirut BNI Achmad Baiquni, Dirut BRI Asmawi Syam, Dirut BTN Maryono, dan Dirut Posindo Gilarsi Wahju Setijono.

“Dengan penandatanganan MoU ini, maka telah lahir eCommerce BUMN Indonesia,” kata Alex dalam keterangan tertulisnya, kemarin.

Tak hanya itu, Telkom juga bersinergi dengan sejumlah BUMN dalam membangun Rumah Kreatif BUMN yang bertujuan meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian Indonesia dengan pemberdayaan UKM.

Rumah kreatif BUMN pertama di Indonesia dibangun oleh Telkom dan bertempat di Plasa Telkom Labuan Bajo.

Implementasi tahap pertama pada 2016 dilakukan dengan membangun 100 lokasi Rumah Kreatif yang tersebar sampai pelosok Indonesia oleh Telkom, Mandiri, BNI, BRI, BTN, PLN, dan Pertamina.

Selanjutnya pada tahun 2017, Rumah Kreatif akan dibangun dan didistribusikan pada 414 lokasi lainnya di seluruh Indonesia dengan melibatkan berbagai BUMN lainnya.

Telkom juga bersinergi dengan PNM dalam rangka Pembinaan dan pendampingan UKM Rumah Kreatif BUMN dalam MoU yang ditandatangani Alex J Sinaga selaku Dirut Telkom dan Parman Nataatmadja selaku Dirut PNM.

“Ketiga kerjasama Sinergi BUMN ini sudah lengkap mulai dari Pembinaan UKM di daerah melalui Rumah Kreatif, penempatan komoditas UKM di eCommerce BUMN, dan kerjasama eLogistik untuk pengiriman komoditas ke lokasi konsumen,” tambah Direktur Inovasi dan Portofolio Strategis Telkom Indra Utoyo.

Dirut Telkom Alex J Sinaga (ketiga kiri) dan Menteri BUMN Rini M Soemarno (keempat kiri) usai penandatanganan sejumlah MoU antara Telkom dengan sejumlah BUMN untuk memperkuat platform Blanja.com, di Labuan Bajo, Jumat (28/10).(dok:TLKM)
Dirut Telkom Alex J Sinaga (ketiga kiri) dan Menteri BUMN Rini M Soemarno (keempat kiri) usai penandatanganan sejumlah MoU antara Telkom dengan sejumlah BUMN untuk memperkuat platform Blanja.com, di Labuan Bajo, Jumat (28/10).(dok:TLKM)

SVP Synergy Telkom Achmad Sugiarto yang turut hadir untuk mendukung terlaksananya Sinergi BUMN di jajaran Telkom Group mengatakan Telkom siap bersinergi dengan seluruh BUMN untuk meningkatkan value BUMN dan kesejahteraan Indonesia, untuk masyarakat yang lebih sejahtera."Ini Bakti Telkom Bagi Negeri,” pungkasnya.(as)

Indotelko.com

gambar utama : businessinsider.com

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu