Lupa Sandi?

Wah, Satu dari 13 Desain Red Cup Starbucks Ini Karya Indonesia!

Arifina Budi
Arifina Budi
0 Komentar
Wah, Satu dari 13 Desain Red Cup Starbucks Ini Karya Indonesia!
Keterangan Gambar Utama © Starbucks

 Sejak tahun 1997, gerai kopi ternama sedunia, Starbucks, pada bulan November hingga Desember menghadirkan red cup atau gelas karton warna merah spesial untuk akhir tahun. Red cup Starbucks ini tentu menjadi hal yang sangat dinanti oleh para penggemarnya. Nah, pada Desember 2015 lalu, supaya lebih seru Starbucks pun mengadakan event seru bagi para pelanggannya.

Untuk menyambut musim liburan akhir tahun, Starbucks menyajikan kopi-kopinya dalam cup warna merah dengan desain spesial. Kali ini, Starbucks mengajak para pelanggannya untuk ikut serta membuat desain gelas kertas merah tersebut yag nantinya akan dikompetisikan dan dipilih oleh Starbucks untuk menjadi desain gelas spesial liburan akhir tahun.

Kompetisi ini selalu diikuti oleh banyak orang dari berbagai Negara. Dalam waktu delapan hari saja Starbucks sudah menerima sekitar 1.200 desain dari 13 negara. Lalu, pada 10 November lalu Starbucks sudah mengumumkan 13 desain red cup yang diluncurkan serentak pula di seluruh dunia dan yang membanggakan, satu dari 13 desain tersebut ada karya anak muda Indonesia!

13 desain special red cup Starbucks yang terpilih
13 desain special red cup Starbucks yang terpilih

Desain yang menampilkan gambar burung hedge sparrow di balik logo putri duyung khas Starbucks itu adalah karya Florencia Selvi Lesmana. Mojang Bandung yang merupakan lulusan Desain Komunikasi Visual, Universitas Kristen Maranatha, Bandung ini merasa sangat senang ketika tahu kalau pihak Starbucks tertarik dengan desain red cup buatannya.

Baca Juga

“Ini perasaan yang campur aduk ketika Starbucks menghubungi untuk desain red cup saya. Adalah sebuah kehormatan untuk mewakili Indonesia,” ujar perempuan yang akrab disapa Flo ini, seperti ditulis Cosmopolitan.

Flo pun awalnya tidak ada niat untuk mengikuti kompetisi ini. Ceritanya, ia hanya iseng menggambar di gelas karton merah Starbucks tersebut. Pada akhir tahun 2015, Flo seperti biasa pergi ke gerai Starbucks di Paris Van Java, Bandung dan membeli kopi.

“Karena gelas merahnya lucu, tanpa ada pikiran apapun, saya langsung bawa pulang, mulai menggambarinya, dan meng-upload di Instagram,” kisah Flo.

Desain red cup yang dibuat Flo mencantumkan tiga objek utama, yakni bunga Magnolia, buah berry, dan burung hedge sparrow. Flo menceritakan kalau dirinya melalui gambar burung hedge sparrow tersebut ingin menggambarkan kekuatan dan cinta. Burung betinanya bisa menjadi ayah dan ibu bagi anak-anaknya saat burung jantan mencari makanan. Selain itu, Flo membuat desain yang cenderung umum supaya orang lain dapat menikmati keceriaan liburan, tidak hanya perayaan Natal.

"Inginnya sih gambarnya global supaya orang lain bisa menikmati keceriaan liburan. Kalau mirip Natal, justru tidak kepikiran ke sana. Inginnya memang ingin mengambil momen liburan," kata Flo.

Supaya agak dilirik oleh Starbucks, Flo pun men-tag akun Instagram Starbucks. Tak disangka, ternyata usaha isengnya itu membuat gerai kopi yang berpusat di Seattle, Amerika Serikat tersebut terpikat dan menghubungi Flo pada pertengahan 2016 lalu. Flo pun menjadi satu-satunya orang Indonesia yang desainnya terpilih bersama 12 desainer lainnya dari seluruh dunia. Ke-13 desain ini nantinya akan tersebar di 25 ribu gerai Starbucks di 75 negara.

Flo dan desain red cup Starbucksnya (source image: Cosmopolitan)
Flo dan desain red cup Starbucksnya (source image: Cosmopolitan)

"Saya tidak menyangka akan terpilih. Senang sekali bisa bawa nama Indonesia, akhirnya," ungkap Flo.

"Pesan saya sebenarnya," ia menambahkan, "adalah bahwa berkreasi bisa dalam bentuk banyak hal dan bisa saja menginspirasi orang lain, lalu kalau menghadapi masalah harus dengan gembira seperti berkreativitas," tambahnya.

Sebenarnya, menggambar di gelas kertas milik Starbucks ini sudah jadi hobi yang umum di kalangan para pelanggan, terutama mereka yang memang suka menggambar sketsa. Karya-karya tersebut kemudian diunggah ke akun media sosial Instagram dan tak lupa dikirimkan juga kea kun Instagram Starbucks. Rupanya, hal inilah yang membuat Starbucks akhirnya pada akhir tahun 2015 lalu membuat acara seru-seruan bagi para pelanggan untuk membuat kreasi desain gambar di atas red cup. Tak disangka pula, ternyata antusiasme para pelanggan tinggi sekali.

 
Sumber : cosmopolitan.co.id | cnnindonesia

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang0%
Pilih Tak PeduliTak Peduli20%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi80%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ARIFINA BUDI

Pencerita hal-hal baik untuk dunia. ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Andrea Hirata

Berhenti bercita-cita adalah tragedi terbesar dalam hidup manusia.

— Andrea Hirata