Lupa Sandi?

Dari A Sampai Z Indonesia Memang Keren

Bakhrul  Ulum
Bakhrul Ulum
0 Komentar
Dari A Sampai Z Indonesia Memang Keren

Indonesia merupakan negara kepulauan yang terbentang dari sabang sampai merauke.Dengan semboyan “Bhineka Tunggal Ika”, Indonesia memiliki beragam kebudayaan, mulai dari suku, makanan, tarian, hingga rumah adat.

Selain itu, Indonesia juga memiliki tempat wisata yang tidak kalah kerennya dengan negara lain. Berikut kekerenan Indonesia dari A sampai Z:

Baca Juga

A

Agama utama di Indonesia ada 6, yaitu Islam, Kristen (Protestan), Katolik, Budha, Hindu, dan Kong Hu Cu (Confusius)

B

Bahasa daerah berjumlah 748 bahasa

C

Candi Borobudur pernah menjadi 7 keajaiban dunia, yang bersanding dengan Taj Mahal di India

D

Dari Sabang sampai Merauke, wilayah Indonesia terbentang

E

Enak-enak makannya. Setiap daerah memiliki jenis makanan tradisional yang berbeda-beda, misalnya gado-gado dari Jakarta, rawon dari Jawa Timur, gudeg dari Yogyakarta, rendang dari Padang, serta pempek dari Palembang.

F

Flora dan faunanya terlengkap di dunia. Indonesia memiliki mamalia lebih dari 500 jenis, kupu-kupu lebih dari 100 jenis, reptil lebih dari 600 jenis, burung lebih dari 1.500 jenis, dan Amfibi lebih dari 250 jenis.

G

Garuda merupakan lambang negara Indonesia, yang mana jumlah bulunya melambangkan hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia, 17 Agustus 1945 (17 helai pada masing-masing sayap, 8 helai pada ekor, 19 helai pada di bawah perisai atau pangkal ekor, dan 45 helai pada leher).

H

Habibie, Presiden Indonesia ke-3 adalah pemegang 46 hak paten di bidang aeronautika dunia.

I

Irian Jaya yang kini berubah menjadi Papua, merupakan wilayah Indonesia paling ujung timur dengan tambang emas terbesar di dunia. Pada tahun 2011, 1,444 juta once emas diproduksi.

J

Jakarta ibukota Indonesia, kota metropolitan yang memiliki segudang tempat wisata, seperti Monumen Nasional (Tugu Monas), Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Kota Tua Jakarta, Masjid Istiqlal, dan sebagainya.

K

Ketoprak. Jika di Yogyakarta berarti sejenis seni pentas drama tradisional. Sedangkan di Jakarta, ketoprak merupakan sebuah jenis makanan.

L

Lombok: Pulau seribu masjid, yang menyuguhkan beraneka macam tempat wisata, misalnya: Gunung Rinjani, Pantai Senggigi, Gili Trawangan, Wisata Budaya Rumah Adat Dusun Sade, dan sebagainya.

M

Maritim. Dua pertiga luas keseleruhan Indonesia berupa lautan.

N

November 2013, Perserikatan Bangsa-Bangsa menetapkan Taman Bungkul Surabaya sebagai taman terbaik se-Asia.

O

Orang-orangnya murah senyum. Senyum bak bentuk sapa, tak jarang setiap kali berjumpa dengan orang lain, meskipun tidak dikenalnya kita saling terbar senyum.

P

Pulau Komodo merupakan salah satu tujuh keajaiban warisan alam yang ada di dunia kini.

Q

Queen of Dangdut is Elvi Sukaesih. Dangdut merupakan salah satu genre seni musik populer tradisional dan asli Indonesia. Musik dangdut merupakan perbaduan antara alat musik Indonesia, Arab, India, dan Barat yang dimainkan secara bersama-sama.

R

Reog Ponorogo kesenian asli Indonesia, yang pernah diklaim milik Malaysia.

S

Soekarno presiden pertama Indonesia, karena ketegasan dan kecerdasannya membuat pria yang akrab dipanggil Bung Karno ini dikagumi oleh masyarakat dunia, sampai-sampai nama Soekarno diabadikan menjadi nama jalan di Rusia, Maroko, dan Pakistan

T

The Big Mouslem Population, negara dengan jumlah penduduk beragama Islam terbanyak di dunia.

U

UNESCO telah menetapkan wayang sebagai pertunjukan bayangan boneka tersohor dari Indonesia, sebuah warisan mahakarya dunia yang tak ternilai dalam seni bertutur (Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity)

V

Vahombo Batu atau lompat batu adalah olahraga tradisional suku Nias, yang harus melompati susunan bangunan batu setinggi 2 meter.

W

Wak wak kung merupakan permainan tradisional asli Betawi, atau sering juga disebut permainan ular naga. Di daerah lain, permainan ini memiliki nama lain seperti di Pasuruan, Jawa Timur dikenal dengan nama permainan Bor selebor.

X

X-treme dan uji adrenalin pun bisa kita temui tempat wisata di Indonesia, seperti wisata kereta gantung di Yogyakarta, Kuburan Trunyan di Bali, dan arung jeram di sungai Alas, Aceh Tenggara.

Y

Yogyakarta, kota budaya di Indonesia, yang mana hingga kini masih tetap melestarikan sistem kesultanan.

Z

Zamrud Khatulistiwa, sang permata berharga berwarna kehijauan yang dilewati garis khatulistiwa. Memang, jika dilihat dari langit, Indonesia memiliki penampakan yang hijau karena hutan-hutan yang dimiliki, serta Indonesia merupakan negara yang tepat dilalui garis khatulistiwa di Pontianak (Kalimantan Barat).

Artikel ini diikutkkan dalam Kompetisi Menulis Kabar Baik GNFI #2

Pilih BanggaBangga0%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang60%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi40%
Pilih TerpukauTerpukau0%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG BAKHRUL ULUM

Bakhrul Ulum, lahir di Pasuruan 25 Juli 1990. Pendidikan TK hingga SMA, saya selesaikan di tanah kelahiran, TK PGRI Gondangwetan (1995-1997), SD Negeri Gayam 1 (1997-2003), MTs. Darul Ulum Gondangweta ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara