Fasilitas Perawatan Pesawat Terbang Indonesia Berkualitas Dunia

Fasilitas Perawatan Pesawat Terbang Indonesia Berkualitas Dunia
info gambar utama

Garuda Maintenance Facility (GMF) kembali mendapatkan pengakuan dari dunia penerbangan internasional. Kali ini penyataan bahwa GMF memiliki kualitas tinggi (high quality) diberikan oleh Otoritas Penerbangan AS (FAA) usai melakukan audit pada 23 hingga 31 Januari lalu.

Seperti diberitakan Angkasa, GMF pada kesempatan audit awal tahun 2017 ini tidak hanya dinilai untuk fasilitas perawatan yang telah ada namun juga mengajukan sertifikasi rating baru pada beberapa fasilitas. Seperti perawatan Airbus A330, B777, C-Check engine CFM56-7B, Overhaul dan NDT Thermography.

Tidak hanya FAA, sebelumnya pada 16 sampai dengan 20 Januari, GMF juga kedatangan auditor dari European Aviation Safety Agency (EASA). Audit ini dilakukan dengan tujuan memperpanjang sertifikasi dan penambahan sertifikasi terhadap kapabilitas baru yang dimiliki GMF.

Sedikit berbeda dengan sertifikasi yang diajukan kepada FAA, GMF pada otoritas penerbangan Eropa tersebut mengajukan sertifikasi untuk APU 331-351, Airbus A330 hingga C-Check, serta upgrade rating engine CFM56-7B yang semula hanya sampai tahap assembly-disassembly menjadi complete overhaul untuk area perawatan mesin pesawat.

VP Quality Assurance & Safety GMF, Erman Noor Adi mengatakan pengajuan rating baru ini merupakan upaya untuk meningkatkan kepercayaan customer dan mendapatkan volume customer yang lebih besar.

“Hal ini sejalan dengan program perusahaan ditahun 2017 untuk memperkuat bisnis inti GMF, yaitu dari sisi perawatan airframe, mesin dan komponen pesawat,” ujar Erman.

Erman mengungkapkan bahwa kepercayaan para otoritas penerbangan dunia terhadap kualitas GMF adalah sangat penting dan mendasar bagi perkembangan bisnis GMF kedepannya.

“Hasil audit yang baik ini juga menjadi tantangan bagi kami untuk terus berkomitmen menjaga dan meningkatkan Quality & Safety di setiap pekerjaan perawatan di GMF ,” tambah Erman.

Pencapaian GMF dalam menambah kapabilitas dan meningkatkan kualitasnya merupakan upaya untuk meraih visinya di tahun 2020 menjadi “Top 10 MROs in The World”. Sertifikasi kualitas juga merupakan komitmen GMF dalam menjaga keselamatan penerbangan dan meningkatkan kualitas penerbangan baik di dalam negeri maupun di dunia.


Sumber : Angkasa

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini