Lupa Sandi?

Mobil Hemat Energi karya UNY siap Membanggakan Indonesia

M Fachrezy Zulfikar
M Fachrezy Zulfikar
0 Komentar
Mobil Hemat Energi karya UNY siap Membanggakan Indonesia

Satu bulan sebelum berkompetisi di Shell-Eco Marathon (SEM) Singapura pada Maret 2017 esok, mobil terbaru Garuda UNY Team (GUT) bernama Garuda Urban Gasoline 17 telah resmi dirilis oleh UNY pada acara pembukaan Dies Natalis UNY ke 53. Acara launching mobil bertepatan dengan launching Dies Natalis UNY yang digelar di Lapangan Atletik UNY pada 10 Februari 2017. Peresmian dilakukan bertepatan dengan launching Dies Natalis agar semua warga UNY mengenal mobil tersebut sekaligus momen bagi GUT untuk memohon doa restu pada Civitas Akademika agar sukses bertanding di SEM 2017.

 

Garuda UNY (instagram)
Garuda UNY (instagram)


Mengusung kendaraan tipe hemat energi, Garuda Urban Gasoline 17 akan berkompetisi dengan puluhan tim mobil dari seluruh Asia. Mobil ini merupakan penyempurnaan dari mobil hemat energi GUT sebelumnya yaitu Garuda Urban Gasoline 16 yang pada November lalu berkompetisi di KMHE 2016. Setelah peresmian ini, mobil akan siap dikirim ke Singapura pada hari Selasa, 14 Februari 2017. Dengan resminya Garuda Urban Gasoline 17 maka telah resmi pula kendaraan ini untuk berkompetisi di SEM 2017 bulan Maret mendatang.

Shell Eco Marathon (SEM) adalah sebuah kompetisi mobil hemat energi yang diadakan oleh Shell, sebuah perusahaan ternama dunia yang bergerak di bidang minyak dan gas. SEM menantang para insinyur muda untuk mendesain, menciptakan, menguji coba, dan mengkompetisikan kendaraan hemat energi pamungkas berstandar dunianya. SEM diadakan di tiga regional dunia—Asia, Amerika, dan Eropa—dengan mempertemukan ratusan tim dari seluruh dunia. Tahun ini adalah tahun ke-33 SEM diadakan, dan khusus untuk SEM Asia bertempat di Changi Exhibition Center di Singapura.

Baca Juga


SEM adalah kompetisi internasional ketiga—setelah International Student Car Competition di Korea Selatan dan Student Formula Japan di Jepang— dan tahun ini adalah kali pertama GUT ikut. Meskipun begitu, GUT telah mempelajari regulasi yang ditetapkan dan belajar pada tim-tim yang telah lebih dulu ikut. Dalam ajang ini, GUT akan menerjunkan mobil terbarunya, Garuda Urban Gasoline 2017, dengan nama tim Garuda UNY Eco Team. Mobil ini akan dikompetisikan dalam kategori Internal Combustion Engine (IEC) yang menggunakan bensin, diesel, GTL (Gas-to-Liquids), ethanol, CNG (Compressed Natural-Gas) sebagai bahan bakarnya. Kategori IEC adalah satu dari tiga kategori yang ditawarkan, dua kategori lainnya yaitu Battery-Electric (berbahan bakar listrik) dan Hydrogen Fuel Cell (berbahan bakar hidrogen).
Sesuai dengan visi SEM yaitu untuk menemukan energi yang secara ekonomi, sosial, dan ramah lingkungan berguna bagi masyarakat, GUT mengembangkan Garuda Urban Gasoline 17 dari berbagai evaluasi yang didapat oleh mobil Garuda UNY Urban Gasoline 16, yang pada November 2016 lalu dilombakan di Kompetisi Mobil Hemat Energi (KMHE) yang dilaksanakan di Candi Prambanan, Yogyakarta. Garuda Urban Gasoline 17 telah berada di tahap perbaikan kendaraan untuk meningkatkan performanya dengan pengembangan desain, penurunan bobot kendaraan menjadi hanya 95kg, dan pemodikasian mesin sebagai sumber tenaga kendaraan.


Sumber : Garudauny.com & Instagram : Garuda UNY

Pilih BanggaBangga89%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang7%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau4%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG M FACHREZY ZULFIKAR

Social media enthusiast ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Evan Dimas

Semua bisa dikalahkan kecuali Tuhan dan orang tua.

— Evan Dimas