Bagi anda yang merencanakan perjalanan wisata ke Nusa Tenggara Barat, Bulan April adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi tempat tersebut. Sebuah ajang wisata bertajuk Festival Pesona Tambora 2017 (FPT 2017) akan diadakan di Kabupaten Dompu, Nusa Tenggara Barat. Acara ini diadakan untuk memperingati letusan maha dahsyat dari Gunung Tambora pada 11 April 1815 silam.

Tahun ini, dalam peringatannya yang ke-202, Gunung Tambora sejenak akan berubah menjadi lautan warna merah dan putih, dwiwarna bendera pusaka Indonesia. sebanyak 202 bendera merah putih akan ditancapkan di puncak gunung sebagai lambang 202 tahun meletusnya Gunung Tambora serta hari jadi ke-202 Dompu.

Tarian Rai Saida untuk memperingati 2 abad kabupaten Dompu dan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Savana Doro Ncanga, Desa Doro Peti, Dompu, Nusa Tenggara Barat, April 2014 silam (tempo.co)
Tarian Rai Saida untuk memperingati 2 abad kabupaten Dompu dan 200 tahun meletusnya Gunung Tambora di Savana Doro Ncanga, Desa Doro Peti, Dompu, Nusa Tenggara Barat, April 2014 silam (tempo.co)

Adalah Forum Komunikasi Pecinta Alam Dompu yang menginisiasi kegiatan pengibaran 202 bendera merah putih di Gunung Tambora guna menyukseskan Festival Pesona Tambora 2017 ini. Rifad Cimin, Ketua forum mengatakan bahwa bendera – bendera tersebut akan dikibarkan di puncak kaldera tepat pada puncak acara FPT 2017 yaitu 11 April mendatang.

Kegiatan pengibaran bendera ini akan melibatkan 202 peserta yang merupakan anggota – anggota komunitas pecinta alam dari berbagai daerah seperti Makassar, Sumatera, Jawa, Bali, dan Lombok. Para panitia pun akan turut serta mengambil bagian dalam ajang ini. “Pastinya kita akan minta perwakilan dari setiap KPA dan Mapala di seluruh daerah,” ungkap Cimin.

Sebagai salah satu agenda wisata, pihak Dinas Kebudayaan dan Parisiwata Kabupaten dompu menyambut baik rencana pengibaran bendera ini. Menurut H.Ikhtiar selaku Pelaksana Tugas Kepala Dinas, ajang ini merupakan sesuatu yang menarik dan merupakan salah satu bentuk peran serta masyarakat dalam menyukseskan FPT. "Terima kasih forum pecinta alam, mari kita jadikan Gunung Tambora sebagai destinasi wisata dunia dengan branding pesona Tambora,” katanya.   


Sumber : tempo.co

Bagaimana menurutmu kawan?

Berikan komentarmu