Singapore Media Festival 2017 Sorot Kreativitas Insan Film Indonesia

Singapore Media Festival 2017 Sorot Kreativitas Insan Film Indonesia
info gambar utama

Melalui Info-Communications Media Development Authority, Kementerian Komunikasi dan Informasi Singapura akan menyelenggarakan Singapore Media Festival (SMF) pada 23 November hingga 3 Desember 2017 di Singapura. Pada penyelenggaraan keempat ini, kreativitas insan perfilman Indonesia dipastikan menjadi sorotan utama.

Dengan misi "Menceritakan Asia", SMF ingin berfokus pada satu negara. Pemilihan Indonesia didasarkan pada berbagai pertimbangan, seperti sedang berkembangnya dunia perfilman Indonesia, serta terkait hubungan bilateral dan diplomatik antara Indonesia dan Singapura yang tahun ini masuki masa 50 tahun. Dengan menjadi fokus utama, Indonesia mendapat berbagai keuntungan. Salah satunya adalah mendapat promosi khusus dalam seluruh agenda festival, seperti Asian Television Awards, Asia TV Forum dan Market, ScreenSingapore dan Singapore International Film Festival.

Di tiap penyelenggaraan SMF dihadirkan Southeast Asian Film Lab dan Southeast Asian Film Financing Project Market, keduanya merupakan agenda tetap SMF. Southeast Asian Film Lab merupakan pelatihan pengembangan intensif bagi pembuat film Asia Tenggara yang ingin memulai proyek film panjang pertama. Sedangkan Southeast Asian Film Financing Project Market merupakan ajang mempertemukan konsep film terbaik Asia dan Eropa, agar mendapat dukungan finansial dari agen produser internasional, penyelenggara festival bergengsi internasional, distributor film, pemodal, dan pihak terkait lainnya.

Desember 2016 lalu telah dipilih 15 konsep film, dari 100 konsep yang diterima panitia. Seluruh konsep akan diteruskan kepada pihak terkait, yang berjejaring dalam Southeast Asian Film Financing Project Market. Tahun lalu terpilih dua film Vietnam yang mendapat produser, sebuah film dokumenter Thailand yang mendapat bantuan produksi, satu film Indonesia yang diajukan ke festival Cannes, serta satu film Malaysia yang mendapat bantuan biaya produksi.

Sumber: Variety.com. | Gambar: The Smart Local Singapore.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini