Lupa Sandi?

Anak Bangsa Menangi Kompetisi Pidato Asia Pasifik

Adriani Zulivan
Adriani Zulivan
0 Komentar
Anak Bangsa Menangi Kompetisi Pidato Asia Pasifik

Wini Rizkiningayu menempati posisi pertama dalam sebuah kompetisi pidato di depan publik (public speaking) Konferensi Junior Chamber International (JCI) Wilayah Asia Pasifik 2017 atau JCI Aspac. JCI merupakan organisasi kepemudaan tingkat dunia, yang beranggotakan 120 negara.

Capaian ini menandai kemenangan pertama Indonesia di tingkat regional, dimana Indonesia mampu menyisihkan 21 negara Asia Pasifik. Dari kompetisi yang dilaksanakan di Ulaanbaatar, Mongolia ini, Wini torehk sejarah baru Indonesia dalam keanggotaannya di JCI.

Menurut Presiden JIC Indonesia Jandi Mukianto, sepanjang 102 tahun JCI baru kali ini Indonesia meraih kemenangan. Dalam pidatonya, Wini berbicara tentang keberanian pemuda untuk bermimpi dan perjuangan untuk mewujudkannya.

Ia juga memasukkan isu kesetaraan jender, yaitu tentang langkah perempuan di seluruh dunia untuk berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi. Sebanyak 20 pemuda tergabung dalam delegasi Indonesia di forum ini.

Selain Wini, hadir pula Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) yang tampil sebagai pembicara utama dalam Konferensi JCI. Dalam pidatonya, AHY mengajak pemuda Asia Pasifik untuk menjadi agen perubahan di negara masing-masing. AHY merupakan penerima penghargaan Ten Outstanding Young Person 2017 yang diberikan JCI Indonesia.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Agus Trimurti Yudhoyono menjadi pembicara utama di forum JCI Aspac. © Akun Instagram AHY

Dalam agenda 8 hingga 11 Juni ini, mereka mengikuti sejumlah agenda, seperti sidang umum, seminar, pelatihan dan pameran. Lebih dari 4.000 peserta hadir sebagai delegasi negara Asia Pasifik. Sejumlah pemimpin dunia pernah menjadi anggota JCI, seperti Kofi Annan, Bill CLinton, Al Gore, Bill Gates, Gerald Ford, Nixon dan Reagan. 

Sebagai pemenang Asia Pasifik, Indonesia akan mewakili kompetisi di tingkat global. Kompetisi ini akan berlangsung pada Oktober 2017, bertempat di Amsterdam, Belanda. Selain Wini, akan ada empat wakil lain dari Afrika - Timur Tengah, Eropa dan Amerika.

Dari berbagai sumber.

Pilih BanggaBangga67%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang17%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau17%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADRIANI ZULIVAN

A big fan of Indonesian heritage--from culture to nature, tangible to intangible. Reading and writing as hobby, as well as dedicated work. Interested in urban discussion, disability rights, disaster m ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
BJ. Habibie

Tanpa cinta, kecerdasan itu berbahaya. Dan tanpa kecerdasan, cinta itu tidak cukup.

— BJ. Habibie