Lupa Sandi?

Pesona Lebaran Toba: 10 Tujuan Wisata Sekitar Danau Toba yang Siap Dikunjungi Pemudik

Adriani Zulivan
Adriani Zulivan
0 Komentar
Pesona Lebaran Toba: 10 Tujuan Wisata Sekitar Danau Toba yang Siap Dikunjungi Pemudik

Mudik adalah momen silaturahmi sekaligus berwisata. Keindahan Indonesia tak semestinya dilewatkan, ketika Kawan GNFI mengunjungi tempat-tempat terbaiknya.

Nah, jika akan mudik ke Sumatra Utara, jangan lupa kunjungi kawasan Danau Toba. Selain merupakan danau vulkanik terdalam dan terbesar kedua di dunia setelah Victoria Lake di Afrika, Danau Toba pernah gemparkan dunia lewat ledakannya pada 75 ribu tahun silam. Super Volcano Geopark menjadi julukan Danau Toba akibat kekayaan pengetahuan kegunungapiannya.

Dengan slogan Pesona Danau Toba dan Wonderful Danau Toba, Kementerian Pariwisata (Kemenpar) sedang membangun kawasan ini sebagai salah satu dari "10 Bali Baru". Lewat kegiatan Mudik Penuh Pesona, Menteri Pariwisata Arief Yahya ajak pemudik untuk abadikan keindahan Danau Toba ke berbagai media sosial dengan tagar #PesonaDanauToba #WonderfulDanauToba.

Pesona Lebaran Toba  siap menyambut pemudik dengan puluhan atraksi dan obyek wisata berikut.

Baca Juga

1. Kota Pangururan

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Kota Pangururan, Kabupaten Samosir. © blog.ub.ac.id

Inilah ibukota Kabupaten Samosir. Kota Pangururan wajib anda kunjungi bila ingin mengetahui lebih jauh terkait sejarah dari Batak. Dari Pangururan anda dapat melangkahkan kaki menuju Aek Rangat atau lebih dikenal dengan istilah Hotspring. Selanjutnya jangan lupa berkunjung ke Pussuk Buhit yang dikenal sebagai asal muasal suku Batak.

2. Tomok

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Tari Sigale-gale, salah satu atraksi utama di Tomok. © indonesia.travel

Tomok tidak hanya sebatas pelabuhan, di sini anda dapat berwisata belanja. Menikmati patung menari atau Sigale-Gale. Jangan lupa untuk berkunjung ke Batu Marhosa yang dapat ditempuh dengan memakan waktu sekitar 45 menit dari Tomok.

3. Tuktuk

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Desa Siallagan, salah satu desa tradisional di Tuktuk. © Analisa Daily

Tuktuk adalah pusat wisata di Kabupaten Samosir. Pada 1976, Tuktuk sangatlah ramai dikunjungi wisatawan. Di sini Anda dapat menikmati pemandangan nan eksotis yang dihadirkan oleh balutan Danau Toba, belajar tentang kebudayaan Batak dan tentu saja ada yang tak boleh anda lewatkan, menyaksikan ritual di Desa Siallagan.

4. Simarjarunjung

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Pemandangan Danau Toba dari Bukit Simarjarunjung. © Hitabatak

Simarjarunjung terkenal karena pemandangan Danau Toba yang begitu memukau dapat Anda lihat secara langsung, kontur bukit barisan yang bergaris dengan tepian Danau Toba amatlah memukau. Turis domestik dan mancanegara banyak singgah di lokasi ini sebelum melanjutkan perjalanan wisata Sumatera Utara ke Samosir, Parapat, Tuktuk, Tomok, Pematang Siantar dan tempat-tempat lainnya. Simarjarunjung juga banyak dipuja oleh para fotografer .

5. Tanjung Unta

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Salah satu sisi pungguk Tanjung Unta. © Kompasiana

Tanjung Unta, merupakan sebuah nama yang diberikan oleh Wakil Presiden pertama Indonesia, Mohammad Hatta ketika berkunjung ke Danau Toba kala itu. Nama Tanjung Unta diberikan karena destinasi wisata ini memang seperti hewan unta yang tengah beristirahat.Sebagai tempat rekreasi, Tanjung Unta sangat cocok dijadikan sebagai lokasi wisata keluarga. Memancing ikan, berperahu dan juga water ski dapat dilakukan di sini.

6. Haranggaol

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Pemancingan di Desa Haranggaol. © Berita Simalungun

Haranggaol telah lama dikenal sebagai tempat wisata alam. Kegiatan yang tak boleh dilewatkan adalah melihat peternakan ikan yang dikelola secara tradisional oleh masyarakat.

7. Silalahi

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Pemandangan alam di Desa Silalahi. © Pariwisata Sumut

Silalahi adalah satu marga Batak, namun jangan salah sangka, di ujung Danau Toba terdapat desa yang dinamai Desa Silalahi. Keteduhan Tao Toba yang memukau.

8. Tugu Silalahi

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Kompleks Tugu Makam Raja Silahisabungan di Desa Silalahi Nabolak, Kabupaten Dairi. © Kompas Travel

Bagi suku Batak, adalah sebuah kebanggaan besar mendirikan tugu sebagai perlambang eksistensi. Tugu Silalahi berdiri megah di tepian Danau Toba dan Anda tentu dapat mengunjunginya. Areal tugu makam Raja Silahisabungan merupakan lokasi penting bagi desa ini. Sebuah tugu dan rumah Batak berhiaskan ukiran gorga yang anggun. Bebatuan sisa material vulkanik berukuran besar tampak berserakan di sana-sini, di antara perdu liar berbunga ungu. Pada bangunan tugu itu kita bisa menjumpai relief yang mengisahkan sepenggal riwayat sang raja.

9. Tongging

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Keindahan Air Terjun Sipiso-piso di Desa Tongging. © Flickr

Dari tempat ini dapat menyaksikan dua objek wisata sekaligus yakni Danau Toba dan Air Terjun Sipiso-Piso.  Pemandangan di depan mata ibarat lukisan alam terbaik yang memiliki nilai seni tinggi. Suasana alam yang sangat indah, tiupan angin, dan heningnya suasananmembuatku merasa tenang. Tongging adalah tempat yang tepat untuk bersantai. Dengan ketinggian sekitar 900 meter di atas permukaan laut, pemandangan yang menarik, udara sejuk, dan budaya di sini, sangat cocok tujuan wisata. Desa Tongging juga sangat dekat dengan Air terjun Sipiso-piso. Air terjun ini adalah salah satu yang tertinggi di Indonesia dengan ketinggian 120 meter. Air terjun Sipiso-piso terbentuk dari sungai bawah tanah di plato Karo, yang mengalir dari sebuah gua disisi kawah Danau Toba.

10. Kota Balige

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
Keindahan alam di pedesaan Balige. © Batak Culture

Kota Balige merupakan ibukota Kabupaten Toba Samosir. Terletak sekitar dua jam dari Parapat, kota ini tawarkan kecantikan alam dan budaya yang snagat kaya. Posisinya berada di salah satu ujung dari Danau Toba, yang tawarkan pemandangan pegunungan dan danau yang indah. Beberapa desa di Kecamatan Laguboti yang berbatasan dengan Danau Toba memiliki potensi sebagai destinasi obyek wisata alam, seperti Pantai Lumban Bulbul di Desa Lumban Bulbul maupun Pantai Lumban Silintong di Desa Lumban Silintong. Ada pula Museum Batak yang berisikan barang-barang peninggalan sejarah di tanah Batak dan makam pahhlawan nasional Sisingamangaraja XII.

Pilih BanggaBangga80%
Pilih SedihSedih0%
Pilih SenangSenang10%
Pilih Tak PeduliTak Peduli0%
Pilih TerinspirasiTerinspirasi0%
Pilih TerpukauTerpukau10%
Laporkan Artikel

Mengapa Ingin Melaporkan Artikel Ini?

TENTANG ADRIANI ZULIVAN

A big fan of Indonesian heritage--from culture to nature, tangible to intangible. Reading and writing as hobby, as well as dedicated work. Interested in urban discussion, disability rights, disaster m ... Lihat Profil Lengkap

Ikuti
Next
Ki Hajar Dewantara

Anak-anak hidup dan tumbuh sesuai kodratnya sendiri. Pendidik hanya dapat merawat dan menuntun tumbuhnya kodrat itu.

— Ki Hajar Dewantara