Mengenal ASEAN Youth Volunteer Program Yang Tahun Ini digelar di Bandung

Mengenal ASEAN Youth Volunteer Program Yang Tahun Ini digelar di Bandung
info gambar utama

ASEAN Youth Volunteer Program (AYVP) didedikasikan bagi para pemuda yang rindu untuk saling menolong sesamanya di Asia Tenggara. AYVP bertujuan untuk menciptakan peluang dalam kesukarelaan berbasis pengetahuan, mendukung pngalaman pertukaran dalam belajar, mengembangkan kapasitas, meningkatkan pemahaman lintas budaya, dan menempa identitas diri sebagai warga negara saat dihadapkan dengan perbedaan dengan masyarakat di seluruh ASEAN.

Hal ini sangat sejalan dengan Strategic Roadmap untuk Komunitas ASEAN 2009-2015 dalam pasal 5 di bawah Komunitas Sosiokultural, yang bertujuan untuk mengangkat kualitas hidup masyarakatnya melalui kegiatan kooperatif yang berorientasi pada masyarakat dan ramah lingkungan serta diarahkan untuk pembangunan berkelanjutan, berkontribusi untuk membangun fondasi yang kuat untuk pemahaman yang lebih baik, kedekatan yang baik dan rasa tanggung jawab bersama.

Selain itu, salah satu tujuan strategisnya adalah untuk mengeksplorasi pembentukan program relawan ASEAN, yang terdiri dari para profesional muda. Dengan fokus guna mendukung pembangunan pedesaan dan membantu masyarakat untuk membantu diri mereka sendiri.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Selama program berlangsung, biaya akomodasi, transportasi dan makan akan ditanggung. Kita hanya menyediakan passport dan visa jika ingin mengikuti program ASEAN Youth Volunteer yang berlangsung selama 4 minggu ini.

Di program ini, nantinya kita secara sukarela akan melaksanakan projek guna membangun setiap negara di ASEAN. Tidak hanya itu, kita pun akan diberikan edukasi selama mengikuti program.

Projek-projek yang akan dikerjakan dalam Program ASEAN Youth Volunteer akan memusatkan perhatian pada 8 fokus, yaitu:

  1. Lingkungan dan Pergantian Iklim
  2. Melindungi Warisan Kebudayaan ASEAN
  3. Pengurangan Resiko Bencana
  4. Pengembangan Pedesaan dan memberantas Kemiskinan
  5. Kewirausahaan Sosial
  6. Pelayanan Kesehatan yang Ramah terhadap Pemuda
  7. Pengembangan Edukasi
  8. Olahraga dan Rekreasi

Jika kita tertarik, cukup mendaftarkan diri dan mengisi data di website ASEAN Youth Volunteer Program (AYVP). Selanjutnya para pemuda yang telah mendaftarkan diri akan diseleksi oleh panitia dari negara tujuan/penyelenggara projek.

Sudah 5 kali program ini diselenggarakan. Sebelumnya pada tahun 2016 AYVP diselenggarakan di Filipina. Dengan tema Pengurangan Resiko Bencana Lain lagi halnya di tahun 2015, yang dilaksanakan di Kamboja. Berfokus pada Lingkungan dan Pergantian Iklim, program ini sukses menyita perhatian para warga di Kamboja.

Keterangan Gambar (© Pemilik Gambar)
info gambar

Tahun 2017 ini, ASEAN Youth Volunteer Program akan diadakan di Sesar Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Terdapat 50 relawan yang mengikuti program yang berfokus pada pengurangan risiko bencana alam khususnya gempa berbasis masyarakat.

ASEAN Youth Volunteer Program (AYVP) juga merupakan salah satu dari bentuk kemitraan Amerika Serikat dengan ASEAN untuk mendukung integrasi ekonomi, memperluas kerja sama maritim, melakukan kaderisasi pemimpin muda, mempromosikan kesempatan bagi perempuan, dan mengatasi tantangan lintas negara.

Melalui kerja sama ini, AYFP berupaya membantu mengatasi kemiskinan dan ketidakstabilan di wilayah ASEAN. Selain sebagai peringatan Hari Jadi ASEAN yang ke 50, Amerika Serikat dan ASEAN juga merayakan 40 tahun kemitraan mereka pada tahun 2017.

Sumber: ASEAN Youth Volunteer Program

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini