Pagelaran Seni Sebulan Penuh Akan Digelar Di Kota Bandung

Pagelaran Seni Sebulan Penuh Akan Digelar Di Kota Bandung
info gambar utama

Dalam rangka hari jadi kota bandung ke-207, pemerintah kota Bandung bersama para seniman dan budayawan akan mengggelar festival kesenian selama satu bulan penuh bertajuk “Seni Bandung 1”. Rencananya, festival tersebut akan digelar pada 25 September -25 Oktober 2017 tersebar di 44 lokasi di Kota Bandung.

Dalam perayaan seni tradisional dan modern tersebut akan melibatkan 2.475 pelaku seni dari 156 komunitas yang ada di Bandung.

Dalam satu bulan para Seniman akan menyuguhkan 688 aktivitas seni yang terdiri dari penampilan karya seni rupa, seni tari, seni teater, seni musik, dan seni sastra. Ratusan seniman dan kelompok kesenian akan tampil di 44 arena pertunjukan, termasuk di antaranya fasilitas publik, sekolah, tempat komunitas, dan hunian.

Ridwan Kamil selaku wali kota Bandung mengatakan bahwa keberhasilan pembangunan kota tidak hanya diukur dari infrastruktur atau mesin ekonomi saja, namun dari semua aspek, termasuk mental dan budaya warganya.

"Suatu hari kita bisa berbangga, Kota Bandung menjadi kota seimbang dalam semua aspek, keagamaan, fisik, mental, dan budayanya," ujar Ridwan Kamil di Pendopo Kota Bandung.

Ia menambahkan bahwa sudah selayaknya Bandung memiliki kegiatan rutin yang bisa dibanggakan, karena banyak seniman yang tinggal dan berkarya disana. Dan Bandung juga sudah lama dikenal sebagai salah satu pusat perkembangan seni di Indonesia.

Tak mau tanggung-tanggung, Pemerintah Kota Bandung mengucurkan anggaran hingga Rp5 miliar untuk pelaksanaan kegiatan seni sebulan penuh tersebut.

"Anggaran dari Pemkot Rp5 miliar, jauh dari cukup. Tapi kami terus berupaya mencari sponsor," kata dia.

Penggagas “Seni Bandung I”, Iman Soleh, menjelaskan kegiatan itu merupakan bagian dari upaya transformasi kota menjadi panggung global.

"Karya seni sesungguhnya baru akan utuh saat bertemu dengan publiknya. Penyelenggara seni Bandung berupaya menciptakan momen unik bagi karya untuk bertemu dengan publiknya. Bagi warga inilah kesempatan untuk mengapresiasi ragam kesenian," kata Iman.


Sumber: Antara

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini