Permainan Tradisional Sebagai Landasan Menuju Negara Maju

Permainan Tradisional Sebagai Landasan Menuju Negara Maju
info gambar utama

Indonesia sebagai negara berkembang, saat ini tengah melakukan usaha besar-besaran didalam melakukan pengembangan di berbagai sektor kehidupan. Ekonomi adalah salah satunya, dimana kondisi ekonomi bangsa kita kini masih berada diposisi bawah dibanding negara tetangga. Majunya suatu negara dilihat dari perkembangan ekonomi yang baik, dibarengi dengan berkembangnya sektor penunjang seperti pendidikan dan hokum. Indonesia dengan negara yang memiliki beragam keanekaragaman kekeayaan alam dan budaya, membuat potensi Indonesia untuk tumbuh menjadi negara maju semakin tinggi.

Untuk mencapai negara yang maju, juga harus dibarengi dengan pembangunan karakter bangsa, dimana hal ini telah lama dilakukan dan diusahankan oleh masyarakat jaman dahulu ketika sedang memperjuangkan kemerdekaan Indonesia.Selain itu pembangunan karakter bangsa akan memperkokoh persatuan.Dewasa ini kita dapat melihat banyak sekali peristiwa atau kejadian yang membuktikan bahwa karakter bangsa sedang dijajah oleh modernisasi yang tidak dapat disikapi dengan bijak.

Jika kita melihat kebelakang, ditahun 90an. Banyak sekali orang-orang dari berbagai kalangan mulai dari anak-anak hingga orang tua memiliki karakter semangat dan persatuan yang tinggi antar sesamanya. Budaya gotong royong atau membantu tanpa pamrih, sangat kental kita lihat dimasyarakat. Setiap sore selalu ada anak-anak dan orang dewasa berada di tanah lapang, hanya untuk sekedar bermain atau melepas stress dengan melihat orang lain sedang melakukan permainan.

Bermain selain mejadi media untuk melepas penat dan stress, juga dapat meningkatkan kemampuan bekerjasama, dengan penuh pengertian dan meningkatkan rasa empati juga persatuan antar masyarakat. Indonesia dengan beragam kekeayaan permainan tradisional yang unik dan menarik mempunyai peran didalam upaya pengembangan karakter masyarakat. Mulai dari pa’raga dari suku bugis,meong-meongan dari bali, bakiak dari sumatera barat, kanikir dari minahasa atau manado, bebentengan dari jawa barat, cublak-cublak suweng dari jawa dan masih banyak lagi permainan Indonesia yang memiliki manfaat didalam pengembangan karakter bangsa hingga meningkatnya rasa persatuan empati antar sesama dan akhirnya akan timbul keharmonisan antar masyarakat

Untuk itu, di era modernisasi ini meskipun berbagai fasilitas canggih ,dengan beragam kemudahan untuk akses informasi sudah berada di dalam genggaman tangan. Tetapi membantu pemerintah didalam mengembangkan dan memajukan bangsa harus terus ditanamkan kepada seluruh masyarakat. Sebelum negara ini menjadi bangsa yang hebat. Kita harus menjadi bangsa, dengan karakter yang hebat pula. Melalui karakter luhur, buah dari ragam kebudayaan bangsa Indonesia. Hal ini sangat diperlukan untuk memperkokoh persatuan dan kesatuan masyarakat. Dimulai dari hal-hal kecil, melalui manfaaat tersembunyi, dari ragam budaya permainan tradisional bangsa untuk membangun karakter bangsa.

Cek berita, artikel, dan konten yang lain di Google News

Artikel ini dibuat oleh Kawan GNFI, dengan mematuhi aturan menulis di GNFI. Isi artikel ini sepenuhnya menjadi tanggung jawab penulis. Laporkan tulisan.

Terima kasih telah membaca sampai di sini